oleh

7 Macam Jus Buah Berkhasiat Menurunkan Kadar Kolesterol

SMJTimes.com – Kolesterol pada dasarnya memiliki peran yang tak kalah penting di dalam tubuh. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi  justru menjadi bumerang yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Umumnya jumlah kolesterol total yang direkomendasikan adalah tidak lebih dari 200 ml/dL. Dengan jumlah kolesterol jahat (LDL) tidak lebih dari 120 mg/dL – 130 mg/dL. Lebih dari itu kolesterol cenderung akan mengendap pada dinding arteri yang berefek pada kesehatan jantung.

Baca juga: Ketahui Manfaat Air Ketumbar, Menjaga Kesehatan Kulit Hingga Rambut

Buah-buahan memang memiliki jutaan nutrisi yang menyehatkan. Mengonsumsi buah-buahan secara rutin dapat menurunkan risiko ancaman berbagai macam penyakit.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah juga dapat dikonsumsi dalam bentuk jus. Berbagai macam jus buah memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol yang berlebih.

Baca Juga :   Nikita Willy Berikan Catatan Untuk Sang Anak

Berikut ini, beberapa jenis jus buah yang dapat kalian konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol, SMJTimes rangkum dari detikFood, Sabtu (31/10/2020).

Baca juga: Manfaat Bersepeda, Meningkatkan Daya Ingat Hingga Mencegah Demensia

  1. Jus Jeruk

Jus jeruk mengandung senyawa penghilang kolesterol yang dikenal sebagai fitosterol. Dikutip dalam Dr. Oz sebuah tinjauan dari 84 studi ilmiah mengungkapkan bahwa mendapatkan 2 gram fitosterol sehari dapat membantu menurunkan kadar LDL berbahaya lebih dari 8 persen.

  1. Jus Blueberries

Blueberry dikenal sebagai salah satu buah superfood. Buah ini dapat membantu menjaga arteri dalam darah agar bersih dengan mengurangi kadar LDL yang menyumbat arteri dalam darah.

Baca juga: Kaya Antioksidan, Ketahui Fakta Nutrisi Buah Naga

Baca Juga :   6 Cara Obati Sembelit, Praktis Tanpa Obat

Para peneliti menduga karena buah beri dapat mendukung fungsi hati dengan sangat baik. Blueberri bisa ditambahkan ke dalam salad ataupun diolah menjadi jus untuk kolesterol.

  1. Jus Tomat

Tomat mengandung vitamin C dan antioksidan bernama likopen yang sangat baik untuk kesehatan. Dalam sebuah penelitian likopen dengan dosis di atas 25 mg per hari selama 2 minggu dari produk tomat yang dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL sampai 10 persen.

Komentar