oleh

7 Macam Jus Buah Berkhasiat Menurunkan Kadar Kolesterol

SMJTimes.com – Kolesterol pada dasarnya memiliki peran yang tak kalah penting di dalam tubuh. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi  justru menjadi bumerang yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Umumnya jumlah kolesterol total yang direkomendasikan adalah tidak lebih dari 200 ml/dL. Dengan jumlah kolesterol jahat (LDL) tidak lebih dari 120 mg/dL – 130 mg/dL. Lebih dari itu kolesterol cenderung akan mengendap pada dinding arteri yang berefek pada kesehatan jantung.

Baca juga: Ketahui Manfaat Air Ketumbar, Menjaga Kesehatan Kulit Hingga Rambut

Buah-buahan memang memiliki jutaan nutrisi yang menyehatkan. Mengonsumsi buah-buahan secara rutin dapat menurunkan risiko ancaman berbagai macam penyakit.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah juga dapat dikonsumsi dalam bentuk jus. Berbagai macam jus buah memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol yang berlebih.

Berikut ini, beberapa jenis jus buah yang dapat kalian konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol, SMJTimes rangkum dari detikFood, Sabtu (31/10/2020).

Baca juga: Manfaat Bersepeda, Meningkatkan Daya Ingat Hingga Mencegah Demensia

  1. Jus Jeruk

Jus jeruk mengandung senyawa penghilang kolesterol yang dikenal sebagai fitosterol. Dikutip dalam Dr. Oz sebuah tinjauan dari 84 studi ilmiah mengungkapkan bahwa mendapatkan 2 gram fitosterol sehari dapat membantu menurunkan kadar LDL berbahaya lebih dari 8 persen.

  1. Jus Blueberries

Blueberry dikenal sebagai salah satu buah superfood. Buah ini dapat membantu menjaga arteri dalam darah agar bersih dengan mengurangi kadar LDL yang menyumbat arteri dalam darah.

Baca juga: Kaya Antioksidan, Ketahui Fakta Nutrisi Buah Naga

Para peneliti menduga karena buah beri dapat mendukung fungsi hati dengan sangat baik. Blueberri bisa ditambahkan ke dalam salad ataupun diolah menjadi jus untuk kolesterol.

  1. Jus Tomat

Tomat mengandung vitamin C dan antioksidan bernama likopen yang sangat baik untuk kesehatan. Dalam sebuah penelitian likopen dengan dosis di atas 25 mg per hari selama 2 minggu dari produk tomat yang dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL sampai 10 persen.

Baca juga: Diet Tetap Kenyang, Konsumsi 7 Jenis Sumber Karbohidrat Menyehatkan Tubuh

  1. Jus Alpukat

Jus untuk kolesterol dan hipertensi bisa mengonsumsi jus buah alpukat. Buah yang satu ini sangat dianjurkan untuk pasien dengan tekanan darah tinggi. Alpukat juga merupakan sumber antioksidan dengan kandungan vitamin K, C, B5, B6, E dan lemak tak jenuh tunggal. Selain itu, buah alpukat juga dapat membantu mengatur kadar LDL dan HDL serta trigliserida tetap normal.

  1. Jus Delima

Jus delima diduga dapat memblokir atau memperlambat penumpukan kolesterol di arteri orang-orang yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung.

Baca juga: Hindari 5 Kebisaan Ini, Bisa Picu Diabetes

Seperti banyak jus buah, jus delima mengandung antioksidan, terutama polifenol. Jus delima mengandung antioksidan pada tingkat yang lebih tinggi daripada jus buah lainnya. Kandungan antioksidan buah delima tiga kali lebih banyak daripada teh hijau atau anggur merah.

Antioksidan dianggap memberikan beberapa manfaat perlindungan jantung, termasuk mengurangi lipoprotein densitas rendah (LDL atau kolesterol jahat).

  1. Jus Nanas

Nanas menjadi salah satu buah yang menurunkan kadar kolesterol tunggi. Nanas mengandung serat tinggi sehingga dapat meningkatkan eksresi empedu yang berdampak pada berkurangnya siklus enterohepatik.

Selain itu, nanas juga mengandung vitamin C dan bromelain yang dapat menurunkan peradangan yang ada di dalam tubuh.

Baca juga: Rawat Kesehatan Rambut dengan Mengonsumsi Sukun

  1. Jus Apel

Jus untuk kolesterol jahat adalah jus apel. Jus apel mengandung senyawa polifenol yang dapat mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat sehingga dapat menghambat penumpukan pembuluh darah.

Kadar LDL yang banyak teroksidasi ini dikaitkan dengan serangan jantung dan stroke. Sehingga jus untuk kolesterol yang bisa dipilih adalah jus apel.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *