oleh

Kaya Antioksidan, Ketahui Fakta Nutrisi Buah Naga

SMJTimes.com – Tak hanya cita rasa dan bentuk yang unik, buah naga menjadi salah satu jenis buah yang menjadi favorit masyarakat dunia. Belakangan ini, buah naga memang tengah naik daun. Buah tropis satu ini juga sangat mudah dijumpai, bahkan dijajakan dipasaran dengan harga yang relative murah.

Selain lezat, buah naga diketahu punya beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh. Beberapa di antaranya mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan sistem cerna, hingga menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Manfaat kesehatan tanaman yang masih bersaudara dengan kaktus ini berasal dari kandungan gizinya yang cukup lengkap. Berikut fakta nutrisi satu porsi (100 gram) buah naga segar menurut Departemen Pertanian AS (USDA).

Baca juga: Ketahui Manfaat Air Ketumbar, Menjaga Kesehatan Kulit Hingga Rambut

Kalori: 60, Protein: 1,2 gram, Lemak: 0 gram, Karbohidrat: 13 gram, Serat: 3 gram, Vitamin C: 3 persen dari kebutuhan harian, Besi: 4 persen dari kebutuhan harian, Magnesium: 10 persen dari kebutuhan harian.

1. Karbohidrat

Buah naga merupakan makanan rendah kalori alami. Sebagian besar kalori buah yang berasal dari Meksiko ini adalah karbohidrat. Melansir dari Verywell Fit, ada dua jenis karbohidrat dalam buah naga, yaitu gula alami dan serat. Mengingat jumlah serat dan magnesium yang tinggi, serta kandungan kalori yang sangat rendah, buah naga dapat dianggap sebagai buah yang padat nutrisi.

Baca juga: Manfaat Bersepeda, Meningkatkan Daya Ingat Hingga Mencegah Demensia

Indeks glikemik yang tepat (GI) buah naga belum dicatat, meskipun satu penelitian memperkirakan indeks glikemik mirip dengan pisang, sekitar 48 hingga 52,2.

Sebagai referensi, makanan dengan GI 55 atau lebih adalah dianggap makanan glikemik tinggi. Dengan kata lain, kemungkinan buah naga memiliki indeks glikemik yang rendah.

  1. Lemak

Kandungan lemak dalam buah naga sangat sedikit. Sebagian besar lemak buah naga berada pada bijinya. Biji buah naga memang dapat dimakan. Biji buahnya mengandung asam lemak omega-3, asam lemak omega 6, dan lemak tak jenuh ganda. Semua jenis lemak dalam buah naga merupakan asam lemak sehat yang baik untuk tubuh.

Baca juga: Sejuta Manfaat Air Putih

  1. Protein

Sama seperti lemak, buah naga juga hanya menawarkan sedikit kandungan protein. Ini membuat buah ini menjadi sumber protein yang buruk. Vitamin dan mineral Buah naga juga dikenal dengan kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Buah naga menyediakan vitamin C dan riboflavin. Selain itu, buah eksotis ini juga mengandung magnesium yang memenuhi 17 persen kebutuhan harian Anda.

  1. Vitamin dan mineral

Buah naga juga dikenal dengan kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Buah naga menyediakan vitamin C dan riboflavin. Selain itu, buah eksotis ini juga mengandung magnesium yang memenuhi 17 persen kebutuhan harian Anda.

Magnesium sendiri adalah mineral yang bertanggung jawab untuk membantu ratusan reaksi biokimia dalam tubuh.

Mineral lain dalam buah naga di antaranya zat besi, niasin, dan kalsium.

Baca juga: Kulit Sehat dan Mulus dengan Diet Vegan, Begini Penjelasan Ahli

  1. Antioksidan

Dikutip dari Healthline, buah naga juga mengandung beberapa jenis antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang melindungi sel Anda dari molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas, yang terkait dengan penyakit kronis dan penuaan.

Sebuah studi membandingkan sifat antioksidan dari 17 buah dan beri tropis. Meskipun kapasitas antioksidan buah naga tidak terlalu tinggi, tapi justru ternyata paling baik dalam melindungi asam lemak tertentu dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *