oleh

Rawat Kesehatan Rambut dengan Mengonsumsi Sukun

SMJTimes.com – Buah sukun bagi masyarakat Indonesia bisa disulap menjadi berbagai macam produk olahan. Mulai dari beragam camilan hingga sayur pendamping makan berat.

Tak hanya memiliki cita rasa yang nikmat, buah sukun juga memiliki beragam manfaat bagi tubuh, mulai dari rambut, kulit, hingga kesehatan secara menyeluruh.

Baca juga: Sejuta Manfaat Air Putih

Buah dengan nama latin Artocarpus altilis ini merupakan buah tropis yang bentuknya menyerupai nangka. Bedanya, buah ini memiliki daging buah yang berwarna putih.

Buah satu ini bisa dijadikan berbagai macam camilan, mulai dari digoreng, dikukus, dan dipanggang, hingga dibuat menjadi keripik.

Baca juga: Dewan Pati Ajak Masyarakat Manfaatkan Media Sosial untuk Silaturrahmi di Masa Pandemi

Mengutip Very Well Fit, dalam 220 gram sukun mentah terkandung 227 kalori. Sebagian besar kalori pada sukun berasal dari karbohidrat. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan manfaat dari 11 gram serat di dalamnya.

Selain itu, buah satu ini juga mengandung lemak (0,5 gram), sodium (4,4 mg), gula (24 gram), dan protein (2,4 gram).

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat dari sukun untuk kulit, rambut, dan kesehatan secara keseluruhan, mengutip CNN Indonesia, Selasa (6/10/2020).

Baca juga: Susu Sapi vs Susu Kedelai, Mana yang Lebih Sehat?

  1. Menekan risiko diabetes

Buah satu ini kaya akan serat. Kandungan serat di dalamnya menjadi angin segar untuk para penderita diabetes.

Penelitian yang dilakukan telah membuktikan bahwa asupan sukun secara teratur dapat mengurangi risiko diabetes atau mengontrol kadar gula darah tetap terkendali. Hal tersebut dilakukan beriringan dengan penyerapan gula oleh tubuh manusia dari makanan.

Karena kaya akan serat, buah satu ini juga menjadi penambah energi yang tepat. Buah ini memberi rasa kenyang tanpa meningkatkan asupan kalori. Tak heran jika banyak orang yang merasa berenergi setelah mengonsumsi sukun.

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, Kale Mujarab Menjaga Kesehatan Mulut

  1. Menekan risiko jantung

Buah satu ini juga dikenal bagus untuk mengurangi risiko gangguan jantung dan masalah kolesterol. Studi menunjukkan bahwa sukun membantu mengurangi kolesterol jahat sekaligus mendorong jumlah kolesterol baik dalam tubuh.

Selain itu, buah satu ini juga jadi salah satu sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Asam lemak satu ini juga penting untuk pertumbuhan otak.

  1. Mengeluarkan racun

Asupan sukun secara teratur juga bermanfaat untuk pergerakan usus yang tepat dan menjaga fungsi usus dengan baik. Serat yang ada di dalam sukun juga mampu membantu mengeluarkan kotoran dan berbagai racun dari usus.

Baca juga: Merasa Ngantuk Usai Makan, Ini Penjelasannya

  1. Mengontrol berat badan

Sukun dianggap sebagai salah satu menu diet yang ideal. Buah ini adalah pilihan terbaik bagi siapa pun yang ingin menurunkan berat badan.

Makanan satu ini tak akan membuat orang kelebihan berat badan karena mengandung sedikit kalori dan serat yang tinggi.

  1. Mencegah ruam dan infeksi kulit

Konsumsi sukun secara teratur membuat kulit lebih sehat, baik dari luar maupun dalam. Studi membuktikan, antioksidan yang ada di dalam sukun baik untuk mencegah infeksi kulit dan ruam.

Selain itu, sukun juga baik untuk meningkatkan warna kulit dan menjaganya tetap mulus serta bersinar.

Baca juga: Pepaya Melancarkan BAB, Mitos Atau Fakta?

  1. Menjaga rambut tetap sehat

Sukun merupakan sumber vitamin dan mineral yang menjadikannya sebagai pilihan tepat untuk kesehatan rambut. Asupan secara teratur dapat membantu memperkuat akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut.

Buah sukun juga dikenal efektif mencegah gangguan rambut seperti ketombe dan rambut rontok.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *