oleh

Diet Tetap Kenyang, Konsumsi 7 Jenis Sumber Karbohidrat Menyehatkan Tubuh

SMJTimes.com – Nasi menjadi sumber karbohidrat pokok yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, utamanya nasi putih. Namun, sejumlah orang memilih meninggalkan nasi putih karena dinilai sumber karbohidrat yang tak baik bagi tubuh.

Karbohidrat merupakan sumber energi yang penting bagi tubuh. Oleh karenanya, asupan karbohidrat cukup penting untuk memenuhi energi tubuh.

Baca juga: Pencapaian Gemilang, Timnas U-19 Menang Telak Lawan NK Dugopolje 3-0

Ada dua jenis karbohidrat yakni karbohidrat simpleks dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks dapat diperoleh dari nasi putih dan makanan berbahan tepung seperti roti. Sedangkan, karbohidrat kompleks dapat diperoleh dari berbagai jenis umbi-umbian, seperti halnya, kentang dan umbi.

Mengonsumsi karbohirat kompleks dinilai lebih baik bagi tubuh. Hal ini disebabkan, karbohidrat kompleks memiliki gizi yang lebih tinggi dan kadar gula yang lebih rendah. Selain itu sumber karbohidrat kompleks juga bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Apa aja sih sumber karbohidrat yang baik dikonsumsi? Menjawab pertanyaan ini, SMJTimes mencoba merangkum sumber karbohirat yang aman bagi tubuh, merangkum dari CNN Indonesia, Jumat (9/10/2020).

Baca juga: Tertibkan APK dan APS, Bawaslu Semarang Gandeng 9 Instansi

  1. Oat

Mengutip Good Housekeeping, serat prebiotik yang ditemukan dalam oat akan membantu mengisi probiotik tubuh Anda. Selain itu, penelitian juga sudah mengaitkan beta glukan, sejenis serat larut dalam gandum untuk menurunkan kolesterol.

  1. Kentang

Kentang memiliki mengandung 4 gram protein nabati, 5 gram serat, dan 25 persen kalium yang dibutuhkan dalam sehari. Namun ini hanya berlaku jika kentangnya direbus atau dipanggang. Ambil setengah kentang besar untuk satu porsi makanan Anda lalu bumbui sesuai selera.

  1. Quinoa

Quinoa adalah biji-bijian yang kaya protein, serat, vitamin, dan mineral. Apa yang membuatnya lebih bergizi dibandingkan dengan biji-bijian lainnya? Ini lebih tinggi vitamin B dibandingkan biji-bijian seperti jelai, gandum hitam, beras, dan jagung. Semua bahan makanan tersebut akan membantu mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi bahan bakar untuk energi.

Baca juga: Terpapar Gas Air Mata Demo UU Cipta Kerja, Lakukan Langkah Berikut

  1. Labu

Selain kandungan zat besinya, labu kuning juga dikemas dengan beta-karoten, antioksidan penting untuk penglihatan dan kulit Anda. Anda bisa mendapatkan manfaat nutrisinya sepanjang tahun dalam bentuk kalengan yang serbaguna.

  1. Talas

Taro atau talas termasuk dalam keluarga sayuran akar bertepung dan rasanya seperti kentang. Ini memiliki serat dua kali lipat (cangkir memiliki hampir 5 gram!) Dibandingkan dengan kentang.

  1. Singkong

Sebagai pengganti biji-bijian yang mengandung serat dan mineral yang bebas gluten, susu, dan kacang, ini dapat berfungsi sebagai bahan dasar untuk banyak resep memanggang. Namun perlu diingat bahwa singkong adalah sumber karbohidrat makanan terkonsentrasi.

  1. Pisang

Konsumsi pisang sekali sehari dengan tambahan satu sendok makan selai kacang. Selain itu Anda juga bisa memotong pisangnya menjadi campuran dalam sereal sarapan pagi.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *