Hindari 5 Kebisaan Ini, Bisa Picu Diabetes

SMJTimes.com – Diabetes merupakan penyakit serius yang patut untuk diwaspadai. Pasalnya, penderita diabetes lebih rentan terserang penyakit lainnya.

Setiap orang berisiko terserang diabetes. Terlebih bagi orang-orang yang mengatur pola hidup sehat.

Penyakit diabetes adalah tingginya kadar gula dalam darah. Hal tersebut ditengarai oleh terganggunya produksi hormon insulin yang memiliki peran mengendalikan gula dalam darah.

Baca juga: Ketahui Manfaat Air Ketumbar, Menjaga Kesehatan Kulit Hingga Rambut

Untuk mengetahui terkena diabetes, kamu perlu melakukan cek gula darah. Cara ini dinilai efektif karena kita langsung tahu jumlah kadar gula yang ada di tubuh kita.

Tanpa sadar, kita sering kali melakukan suatu hal yang bisa memicu risiko diabetes. Berikut ini, beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan diabetes, dilansir SMJTimes dari detikHealth, Rabu (21/10/2020).

Baca Juga :   Tips Merawat Tanaman Agar Tetap Segar

Baca juga: Jaga Kesehatan Fungsi Ginjal, Konsumsi 7 Makanan Ini

  1. Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat olahan

Mengonsumsi karbohidrat olahan, seperti roti putih, nasi putih, dan biskuit sangat berpotensi menyebabkan diabetes. Konsumsilah karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, oatmeal, dan roti gandum yang lebih lama diserap perut, sehingga membuatmu tidak mudah lapar juga.

  1. Malas bergerak

Hanya duduk, tidur-tiduran sambil memainkan gadget rupanya berpotensi membuat lingkar pinggangmu membesar. Menurut Dr Rajesh Khadgawat dari Aiims Hospital, setidaknya seseorang perlu melakukan aktivitas fisik selama 150 menit per minggu untuk menjaga kadar gula tetap dalam batasan yang normal.

Komentar