oleh

Ketahui Manfaat Air Ketumbar, Menjaga Kesehatan Kulit Hingga Rambut

SMJTimes.com – Umumnya ketumbar biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Penggunaan ketumbar bisa menambah cita rasa masakan.

Namun, ternyata air ketumbar juga memiliki manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. Kamu hanya perlu mengolah air ketumbar yang berasal dari biji maupun daunnya.

Baca juga: Cristiano Ronaldo Positif Covid-19

Untuk mendapatkan air ketumbar dapat dilakukan dengan merendam daun ketumbar ke dalam air putih. Cara lain dengan memblender daun ketumbar. Anda dapat meminum air ketumbar dari daun yang sudah dihaluskan setiap pagi hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Sementara, jika Anda ingin membuat air ketumbar dari bijinya dapat dengan cara merebus air dalam panci yang berisi 1 sendok makan ketumbar. Diamkan selama kurang lebih 1 menit sampai wangi dan benar-benar mendidih. Jika sudah mendidih, matikan api kompor.

Baca juga: Dinilai Beredar Konten Tak Senonoh, Pakistan Blokir TikTok

Saring air rebusan ketumbar, lalu diamkan sampai dingin. Simpan air ketumbar dalam botol selama semalaman di dalam kulkas. Anda bisa menikmati air ketumbar pada keesokan paginya.

Berikut ini manfaat air ketumbar untuk kesehatan tubuh.

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat air ketumbar juga dikenal untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini tak terlepas dari kandungan antioksidan di dalamnya yang berperan dalam mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu, antioksidan di dalam biji ketumbar juga telah terbukti dalam melawan peradangan akibat infeksi penyakit tertentu dalam tubuh.

  1. Menangkal infeksi penyakit

Manfaat air ketumbar berikutnya adalah mampu menangkal infeksi penyakit.Beberapa hasil penelitian mengungkapkan bahwa manfaat air ketumbar dapat mengatasi infeksi penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella, keracunan makanan, hingga bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

Baca juga: Video : Penutupan Dua Dermaga Tanjung Bonang Tuai Protes Investor

  1. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat air ketumbar ternyata dapat dirasakan oleh orang-orang yang harus mengendalikan kadar gula darah dengan baik. Sebuah hasil riset yang dilakukan pada hewan uji menunjukkan bahwa zat aktif pada biji ketumbar diyakini mampu menurunkan kadar gula darah dengan cara meningkatkan aktivitas enzim yang membantu menghilangkan gula dalam darah.

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Salah satu manfaat air ketumbar adalah mengatasi gangguan pencernaan. Ekstrak minyak yang terdapat pada biji ketumbar diyakini dapat meningkatkan pencernaan yang sedang bermasalah.

Baca juga: Keluarkan Racun Tubuh, Lakukan 5 Aktivitas Berikut Lancarkan Detoksifikasi

  1. Menurunkan berat badan

Manfaat air ketumbar satu ini baik bagi Anda yang tengah berjuang menurunkan berat badan. Ketumbar dapat merangsang enzim pencernaan yang pada akhirnya mampu meningkatkan sistem pencernaan. Ketika sistem pencernaan dalam kondisi yang baik maka penurunan berat badan dapat berjalan optimal.

Sebaliknya, sistem pencernaan yang buruk dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Sebab, sistem pencernaan tidak dapat menyerap dan memecah nutrisi dengan baik.Tak hanya itu, saat sistem pencernaan sedang dalam kondisi tidak baik, maka tak dapat mengeluarkan zat sisa dari dalam tubuh secara efisien. Akibatnya, laju metabolisme tubuh jadi melambat sehingga sulit membakar kalori tubuh dengan optimal.

Baca juga: Dinilai Beredar Konten Tak Senonoh, Pakistan Blokir TikTok

  1. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Manfaat air ketumbar yang tak kalah menarik adalah mampu mengeluarkan racun dalam tubuh.Ini karena air ketumbar bersifat diuretik sehingga dapat mengeluarkan zat-zat bersifat racun dalam tubuh bersama urine.Dengan demikian, tubuh Anda juga akan terasa lebih ringan dan membantu memaksimalkan penurunan berat badan.

  1. Meredakan nyeri dan migrain

Manfaat air ketumbar juga dapat meredakan nyeri dan peradangan dalam tubuh. Sebuah penelitian mencoba membuktikan manfaat air ketumbar untuk meredakan migrain. Para peneliti meminta partisipan mengonsumsi 15 ml air ketumbar yang berasal dari rendaman daunnya yang dikombinasikan dengan penggunaan obat migrain setiap 3 kali sehari selama sebulan. Hasilnya, frekuensi, tingkat keparahan, dan durasi migrain cenderung berkurang.

Baca juga: Kilas Balik Peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia 10 Oktober

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Sejumlah hasil studi yang dilakukan pada hewan uji menunjukkan bahwa ketumbar dapat menurunkan risiko penyakit jantung, termasuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat (LDL). Air ketumbar merupakan cairan bersifat diuretik yang dapat membantu tubuh membuang kelebihan natrium dan air. Manfaat air ketumbar inilah yang diyakini dapat menurunkan tekanan darah. Beberapa hasil penelitian lainnya juga mengemukakan bahwa manfaat air ketumbar dapat membantu menurunkan kolesterol. Salah satu hasil studi menyebutkan bahwa hewan uji tikus yang diberi air ketumbar mengalami penurunan kolesterol jahat secara signifikan.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Beberapa hasil penelitian mencatat bahwa kandungan antioksidan dalam ekstrak ketumbar dapat membantu mencegah kerusakan sel yang memicu penuaan kulit serta kerusakan kulit akibat radiasi sinar ultraviolet B (UVB). Selain itu, ketumbar juga kaya akan senyawa antijamur dan antibakteri serta zat besi yang diklaim dapat membuat kulit bersih, lembut, dan tampak bercahaya.Menarik, bukan manfaat air ketumbar satu ini?

Baca juga: Cegah Rambut Rontok, Lakukan 7 Langkah Ini

  1. Memperkuat helaian rambut

Ketumbar dikenal dengan kandungan berbagai vitamin, seperti vitamin K, C, dan A. Seluruh vitamin tersebut sangat penting untuk kekuatan dan pertumbuhan rambut.Dengan demikian, Anda bisa terbebas dari masalah rambut rontok dan rambut rusak.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *