oleh

Waspada Gejala Covid-19 Gelombang Kedua

SMJTimes.com – Belum usai pandemi Covid-19, masyarakat Indonesia justru dibayang-bayangi gelombang pandemi kedua. Terjadi peningkatan kasus dan angka kematian di sejumlah wilayah.

Tak hanya itu, Kementerian Kesehatan pun mengumumkan temuan adanya beberapa mutasi covid-19.  Inilah yang menyebabkan sejumlah gejala baru dirasakan oleh para pasien Covid-19.

Pada umumnya, pasien Covid-19 merasakan demam, sesak napas, batuk, sakit kepala, sakit tenggorokan, hilangnya indra perasa atau penciuman, hidung tersumbat dan kelelahan.

Selain itu, ada sejumlah gejala baru yang patut diwaspadai dari gelombang kedua infeksi Covid-19.

  1. Infeksi saluran pencernaan

Saluran gastrointestinal (GI) kita terdiri dari organ utama pencernaan, termasuk mulut, pipa makanan, lambung, usus kecil, dan usus halus.

Gejala infeksi saluran GI ditandai dengan hilangnya rasa lapar, muntah, sakit perut, dan buang air besar.

  1. Gangguan pendengaran

Gangguan ini terjadi antara ringan, sedang, dan parah yang menyebabkan kehilangan pendengaran tiba-tiba atau suara dering di telinga (tinnitus).

Baca Juga :   Ganjar Minta Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Bagi Nakes

Biasanya, gejala ini terjadi di awal minggu pertama terinfeksi dan bisa sembuh dalam jangka waktu tertentu.

  1. Kelelahan ektrem

Setelah tubuh mengidentifikasi Covid-19 sebagai penyerang,tubuh memulai respons kekebalan untuk melawan virus. Ini dapat membuat orang yang terinfeksi merasa Lelah dan lemah.

  1. Mata merah muda

Mata merah muda adalah infeksi mata yang menyebabkan pembengkakan pada selaput transparan luar, kelopak mata dan bola mata.

Gejala umumnya, termasuk gatal, kemerahan, dan robekan pada mata, yang menyebabkan mata bengkak atau berair.

  1. Mulut kering kekurangan air liur

Air liur berperan membantu menjaga gigi serta mulut agar tetap lembab dan sehat. Ketika air liur tidak cukup diproduksi oleh kelenjar yang bersangkutan, hal itu menyebabkan kondisi mulu kering.

Baca Juga :   Ganjar Mendapatkan Vaksin Covid-19 Hari ini

Akibatnya, dapat menyebabkan penyakit gusi dan membuat kita rentan terhadap infeksi virus. Mulut kering menjadi gejala awal dan umum dari Covid-19 karena rongga mulut adalah titik masuk potensial.

  1. Diare

Diare berkepanjangan merupakan salah satu gejala umum yang terlihat pada pasien Covid-19 selama gelombang kedua. Karena biasanya tidak dianggap sebagai gejala Covid-19 dan dapat disebabkan oleh masalah pencernaan lainnya, ada penundaan dalam pengujian dan identifikasi pada pasien potensial Covid-19.

  1. Sakit kepala

Sakit kepala normal yang berlanjut untuk waktu yang lama dan tidak mereda dengan obat penghilang rasa sakit dilaporkan sebagai salah satu gejala baru yang terlihat selama gelombang kedua Covid-19.

Nah, oleh karenanya kita harus tetap menjaga imunitas tubuh agar tetap prima untuk melawan Covid-19. Selain itu, kita juga harus disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan menjaga kebersihan. Stay safe!

Komentar

News Feed