oleh

Lebaran Menghitung Hari, 1.170 Pemudik Masuk Pati

Pati, SMJTimes.com – Bupati Pati, Haryanto mangatakan seminggu sebelum hari raya Idulfitri atau H-7 lebaran, seribu lebih pemudik dari berbagai daerah telah tiba di Bumi Mina Tani.

“Sampai sekarang (kemarin) yang sudah pulang ke Pati sudah ada 1.170 orang dari 21 kecamatan,” ujar Haryanto saat dihubungi, Kamis (6/5/2021) kemarin.

Menyikapi banyaknya pemudik ini, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati telah melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona. Pihaknya melakukan tes swab antigen kepada para mudik ini.

“Bagi yang terlanjur mudik, kami tidak bisa menolak dan memaksakan mereka harus kembali lagi ke tempatnya merantau. Tapi ya harus mau swab, kalau positif diisolasi. Kalau tidak taat ya kami jemput,” tutur Haryanto.

Dari hasil tes swab antigen ini, didapatkan dua orang positif Covid-19. Mereka pemudik dari Jakarta. Haryanto menjelaskan, terungkapnya kasus itu usai pihaknya melakukan tes usap (swab) antigen atau rapid test antigen terhadap ribuan pemudik yang datang.

“Sore kemarin sudah kami bawa ke RSUD Soewondo, tapi keduanya OTG (Orang Tanpa Gejala), tidak sakit,” jelas dia.

Dia menambahkan, meski dua orang pemudik tersebut baru satu hari di kampung halaman. Namun, pihaknya tetap akan melakukan tracing.

Sebelumnya, muncul klaster mudik di Desa Kuryokalangan, Kecamatan Gabus Kabupaten Pati usai puluhan warganya mengikuti hajatan manaqib di salah satu kediaman warga yang baru pulang dari Jakarta. Saat ini, klaster di Desa Kuryokalangan ini telah dinyatakan berakhir. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “H-7 Lebaran, Seribu Lebih Pemudik Masuki Pati

Komentar

News Feed