oleh

Tradisi Makan Siu Mie Saat Imlek

Meski begitu, ada yang perlu diperhatikan dalam memasak Siu Mie untuk perayaan-perayaan tersebut. Satu hal itu adalah pantangan untuk membuat Siu Mie dari mie yang terpotong. Alasannya, karena Siu Mie memiliki makna penting yang terkandung, seperti berikut ini;

Lambang Panjang Umur

Tradisi makan Siu Mie dengan mie yang panjang merupakan lambang panjang umur. Siu Mie tidak boleh di sajikan dengan mie yang terputus karena dipercayai akan mengurangi umur seseorang. Oleh karenanya, cara menyantapnya pun dianjurkan menggunakan sumpit, bukan dengan garpu maupun sendok agar mie dapat dimakan secara utuh.

Lambang Rezeki yang berlimpah

Selain melambangkan umur panjang, Tradisi makan Siu Mie merupakan lambang rezeki berlimpah di sepanjang tahun. Di tahun yang baru, mereka mengharapkan datangnya seluruh hal-hal positif dan membahagiakan di dalam kehidupan dan menolak hal negatif yang menimbulkan kesengsaraan.

Baca Juga :   Resep Pempek Nasi, Sulap Nasi Sisa Menjadi Sajian Nikmat nan Unik

Di dalam hidangan Siu Mie terdapat kalori dan beberapa nutrisi yang terkandung. Diantaranya adalah karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi dan protein berguna untuk memperbaiki jaringan dalam tubuh dan otot. Ada pula lemak sebagai sarana sirkulasi energi, zat besi yang berguna meningkatkan kinerja tubuh dan sistem imun. Selain itu, terdapat serat untuk melancarkan pencernaan, meskipun terkandung dengan jumlah sedikit.

Demikian artikel Tradisi Makan Siu Mie saat Imlek

Komentar