5 Jenis Makanan Fermentasi yang Bermanfaat untuk Kesehatan

SMJTimes.com – Fermentasi merupakan proses dimana bakteri/mikroorganisme memecah gula alami menjadi asam. Makanan yang difermentasi memungkinkan mengandung probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan.

Penelitian dari Stanford School of Medicine menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan hasil fermentasi selama 10 hari dapat menghasilkan mikrobioma usus yang beragam. Hal ini membuat usus memiliki keseimbangan ‘bakteri sehat’ yang lebih baik.

Penelitian lainnya menunjukkan makanan fermentasi bermanfaat sebagai anti-inflamasi, penurun tekanan darah, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari Eat This Not That, berikut makanan sehat yang difermentasi.

Yogurt

Minuman ini terkenal sebagai minuman diet. Yogurt dibuat dari susu yang difermentasi sehingga menghasilkan tekstur yang lebih creamy. Biasanya, minuman ini disajikan dengan topping buah-buahan segar seperti aneka buah berry.

Yogurt susu merupakan sumber nutrisi kesehatan tulang, termasuk kalsium dan magnesium. Selain itu, mengonsumsi yogurt meningkatkan kesehatan usus dan respon anti-inflamasi dan daya imun tubuh.

Baca Juga :   Pemicu Diare, Jauhi Beberapa Makanan Berikut

Kefir

Susu kefir merupakan produk susu yang difermentasi dengan menggunakan biji kefir, yaitu kombinasi dari bakteri asam laktat dan ragi, yang kaya probiotik. Jika dibandingkan dengan yogurt, kefir memiliki tekstur lebih cair. Minuman ini memiliki rasa tajam dan bersoda karena aktivitas probiotiknya yang lebih tinggi.

Komentar