Bikin Tulang Sehat, Berikut Beberapa Jenis Makanan Kaya Kalsium

SMJTimes.com – Kalsium dikenal sebagai nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Gizi ini juga berperan untuk kesehatan jantung, otot dan saraf. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan masalah seperti kerapuhan tulang dan osteoporosis, serta akan memengaruhi tinggi badan anak saat dewasa.

Dilansir dari Alodokter, berikut beberapa makanan mengandung kalsium.

Susu

Kalsium dalam susu sapi dan kambing lebih mudah diserap oleh tubuh. Dalam 1 gelas susu sapi mengandung kalsium hingga 275-350mg. Sementara susu kambing terdapat 330 mg. Konsumsi susu akan memenuhi sekitar 27 hingga 35% kebutuhan kalsium harian.

Yogurt

Selain susu murni, olahan susu seperti yogurt juga mengandung kalsium dan probiotik. Terdapat 260 mg kalsium pada 250g yogurt. Jumlah tersebut sudah dapat memenuhi sekitar 25% kebutuhan kalsium harian.

Baca Juga :   Kebiasaan Makan yang Dapat Merusak Tubuh di Usia 30-an

Keju

Keju parmesan mengandung kalsium paling tinggi. 30g keju parmesan menyediakan 330mg kalsium atau 33% memenuhi kebutuhan kalsium harian anda.

Kacang-kacangan

Kedelai, almond, biji chia dan lain sebagainya mengandung kalsium dan nutrisi lain seperti serat, protein, zinc, folat, magnesium, dan kalium. Makanan olahan kacang-kacangan seperti tempe dan tahu juga menyediakan nutrisi yang baik bagi tulang ini.

Makanan laut

Sarden, tongkol, teri, salmon juga mengandung kalsium, protein, omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung, otak, kulit dan juga tulang. (*)

Komentar