Manfaat dan Risiko Konsumsi Makanan Pedas

SMJTimes.com – Makanan pedas sering kali menjadi ‘primadona’ bagi masyarakat Indonesia. Banyak dari mereka menganggap makanan akan terasa hambar jika tidak ada sensasi pedas yang membuat lidah sampai terbakar. Makanan pedas yang dikonsumsi secara cukup dan tidak berlebihan diyakini dapat memberikan manfaat. Manfaat mengonsumsi makanan pedas diantaranya adalah mengatur berat badan, menjaga kesehatan jantung, bahkan mengurangi risiko kanker.

Namun, perlu diperhatikan juga jumlah dan toleransi setiap ingin mengonsumsi makanan pedas. Setiap orang memiliki ketahanannya masing-masing, sehingga terlalu banyak mengonsumsi makanan bercita rasa pedas juga akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan.

“Setiap orang memiliki batas untuk apa yang dapat mereka toleransi. Jika Anda merasa sakit saat makan makanan pedas, maka berhentilah,” ujar Allan Capin, seorang ahli penyedia perawatan darurat.

Baca Juga :   Ketahui Manfaat Mengonsumsi Telur Menurut Penelitian

Apa yang membuat makanan terasa pedas?

Paprika mendapatkan rasa pedas dari capsaicin, senyawa berbasis minyak. Semakin banyak capsaicin, semakin pedas paprika.

Komentar