oleh

Siap Vaksinasi, Dinkes Rembang Bagi 4 Kelompok Prioritas

Rembang, SMJTimes.com — Dinas kesehatan Kabupaten Rembang, Jawa tengah siap untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi covid-19 saat vaksin tiba di wilayah Kabupaten Rembang.

Pemerintah Indonesia masih terus mempersiapkan program vaksinasi virus corona untuk meredakan penularan Covid-19.

Baca juga : Dinkes Pati Perkirakan Vaksinasi Nakes Berlangsung 6 Bulan

Pasalnya vaksin telah sampai di provinsi Jawa Tengah per 4 Januari 2021 dan rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 14 Januari. Menurut pendataan penerima vaksin di Jawa Tengah sebanyak 35 Kabupaten/Kota. Terbanyak di Kota Semarang, kemudian Solo dan Banyumas.

Sementara itu, Rembang pun siap terima vaksin. Berdasarkan keterangan dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Ali Syofi’i, proses vaksinasi akan dilangsungkan dengan empat pembagian kelompok prioritas.

Baca juga : Geger Isu RS Covidkan Jenazah Pasien, Begini Tanggapan Dinkes Pati

Berikut empat kelompok prioritas vaksinasi di Rembang;

  1. Akhir Januari – April pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga kesehatan dan personel penunjang di seluruh fasilitas kesehatan.
  2. Untuk TNI, Polri, penegak hukum, Dukcapil, PLN, PDAM, dan kegiatan pelayanan publik lainnya.
  3. Masyarakat yang rentan atau kelompok yang rentan secara sosial-ekonomi
  4. Pelaku atau pegiat ekonomi serta masyarakat umum lainnya.

Kabupaten Rembang saat ini sudah melakukan pendataan bahwa tenaga kesehatan atau nakes yang akan dilakukan vaksinasi sejumlah 2946 orang yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Rembang.

Baca juga : Dinkes Diminta Proaktif dalam Mencegah Penyebaran Covid-19 di Ponpes

“Bagitu vaksin sudah kami terima, kita akan segera melaksanakan vaksinasi, dan tetap mengacu petunjuk dari pemerintah pusat,” ujarnya, Senin (4/1/2021).

Sebelumnya, Kabupaten Rembang telah mengajukan sebesar 1 juta dosis vaksin. Berdasarkan hasil pendataan Dinas Kesehatan, sebanyak 446.404 orang akan mendapatkan waksinasi nantinya.

Baca juga : Siaga Mudik Lebaran, Dinkes Pati Siapkan Petugas Medis dan Ambulan di Posko Keamanan

Ia pun mewanti-wanti masyarakat Rembang tetap waspada dan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Jangan sampai lengah, meskipun vaksin telah tiba, tetap perlu pakai masker dan mematuhi prokes. (ADV/NH/AZ/SHT)

Baca juga :

Repoprter : Najmah Hinduan

Komentar

News Feed