oleh

Dinkes Diminta Proaktif dalam Mencegah Penyebaran Covid-19 di Ponpes

Pati, Smjtimes.com– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati proaktif dan membantu Pondok Pesantren (Ponpes) dalam mencegah penyebarannya virus corona.

“Dinkes harus proaktif. Tidak hanya tracking Dinkes (juga) harus membantu upaya Ponpes dalam menanggulangan penyebaran virus corona di Ponpes,” ujar Muntamah kepada Mitrapost.com, Senin (6/7/2020).

Menurutnya, selama ini Ponpes mandiri dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Maka dari itu, dalam situasi darurat ini, Ia meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati untuk lebih peduli kepada dunia Ponpes.

“Pada saat darurat kesehatan seperti sekarang ini pemerintah harus hadir untuk melakukan pendampingan,” lanjut Muntammah.

Baca juga : PMI Rembang Bekerjasama dengan Trembes Sosialita Gelar Acara Donor Darah

Muntamah juga meminta Pemkab membantu dengan memberikan obat-obatan kepada Ponpes. Saat ini, Ponpes sudah membentuk posko kesehatan sebagai salah satu upaya penanggulangan Covid-19.

“Dalam upaya melakukan penanggulangan Covid-19 Ponpes banyak yang sudah membentuk posko kesehatan. Pemerintah harus membantu obat-obatan dan lain-lainnya yang dibutuhkan agar keberadaan posko kesehatan di Ponpes bisa efektif dimanfaatkan oleh santri,” tandasnya.

Sebelumnya, Pemkab Pati sendiri memperbolehkan Ponpes untuk menerima santrinya kembali, namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum Ponpes menerima santrinya. Salah satu syaratnya adalah ada Posko Kesehatan Pesantren atau Poskestren.

Setelah Poskestren dan semua syarat terpenuhi, Pemkab menerjunkan tim untuk meninjau kesiapan Ponpes. Apabila sudah terpenuhi maka Ponpes diperbolehkan menerima kedatangan santri. (Adv/UH/DF/SHT)

Baca juga : 

Redaktur : Dwifa Okta

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *