oleh

Kefir atau Yogurt, Lebih Sehat Mana?

SMJTimes.com – Probiotik memang diketahui memiliki khasiat bagi kesehatan saluran pencernaan. Hal ini ditengarai probiotik mengandung banyak bakteri baik yang berguna bagi sistem pencernaan dan kekebalan.

Sumber probiotik yang banyak dikenal adalah kefir dan yogurt. Kedua makanan ini dianggap memiliki khasiat besar dalam kesehatan, utamanya bagi mereka yang memiliki gangguan sistem pencernaan.

Baca juga: Ganti Menu Sarapan Sehat Pakai Oatmeal, Ini Manfaat yang Didapat

Kefir dan Yogurt merupakan produk susu fermentasi yang secara fisik terlihat serupa. Namun, meski begitu, keduanya jelas memiliki perbedaan. Baik dalam cara pembuatan, kegunaan, hingga manfaat kesehatan usus yang ditawarkan.

Lantas, manakah yang lebih sehat, kefir ataukah yogurt?

Baca Juga :   Serba Serbi Lidah Buaya Merawat Jerawat

Ahli diet terdaftar Andrea Mathis menjelaskan bahwa kefir dan yogurt difermentasi dari susu. Yogurt difermentasi hanya dengan bakteri sedangkan kefir difermentasi dengan bakteri dan ragi.

Baca juga: Memiliki Bau Menyengat, 7 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Durian

Yogurt dibuat dengan memanaskan susu, lalu menambahkan kultur hidup (yang mengandung bakteri), membiarkannya mengeras lalu mendinginkannya.

Untuk membuat kefir, dibutuhkan biji kefir yang mengandung bakteri dan ragi. Setelah Anda menambahkan satu sendok teh biji kefir ke dalam secangkir susu, tutupi, dan diamkan selama 24 jam.

Baca juga: Ketahui Manfaat Air Ketumbar, Menjaga Kesehatan Kulit Hingga Rambut

Perbedaan cara membuat membuat rasa dan tekstur pda yogurt dan kefir memiliki perbedaan. Yogurt memiliki tekstur yang lebih kental dan lembut. Sementara itu, kefir bertekstur lebih cair.

Baca Juga :   Mengatasi Masalah Kesuburan, Kenali Buah Zuriat Makanan Nabi Zakaria

Dari segi rasa, katanya ragi dalam kefir membuatnya terasa lebih asam daripada yogurt.

Kefir adalah minuman probiotik yang dapat dimakan saat bepergian, sedangkan yogurt adalah sesuatu yang cenderung dimakan dengan sendok.

Komentar