oleh

Memiliki Bau Menyengat, 7 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Durian

SMJTimes.com – Durian menjadi salah satu buah favorit bagi sebagian orang. Meski memiliki bau yang menyengat, namun tak sedikit orang yang mengandrungi buah berkulit duri ini.

Buah tropis ini menjadi primadona karena memiliki daging buah bertekstur lembut, ditambah cita rasa manis, dengan sedikit sentuhan pahit.

Baca juga: Ganti Menu Sarapan Sehat Pakai Oatmeal, Ini Manfaat yang Didapat

Menurut Healthline, sebanyak satu gelas atau 243 gram durian mengandung: Kalori: 357 kkal Lemak: 13 gram Karbohidrat: 66 gram Serat: 9 gram Protein: 4 gram Selain itu, durian juga banyak mengandung vitamin C dan vitamin B6.

Kandungan zat gizi durian lainnya yakni tiamin, mangan, kalium, riboflavin, tembaga, folat, magnesium, dan niacin. Dengan sederet nutrisinya, berikut manfaat durian untuk kesehatan:

Baca juga: Ketahui Manfaat Air Ketumbar, Menjaga Kesehatan Kulit Hingga Rambut

  1. Memperbaiki suasana hati

Melansir Shape, manfaat durian untuk kesehatan salah satunya adalah menunjang kesehatan mental dengan memperbaiki suasana hati. Makan durian bisa membuat seseorang jadi lebih bahagia.

Pasalnya, durian mengandung asam amino triptofan yang bisa diubah menjadi seretonin. Zat ini bisa memberikan perasaan bahagia dan rileks. Praktis, setelah makan durian suasana hati bisa membaik.

Baca juga: Manfaat Bersepeda, Meningkatkan Daya Ingat Hingga Mencegah Demensia

  1. Mengatasi susah tidur

Tak hanya memperbaiki suasana hati, triptofan yang terkandung dalam durian juga bisa diubah mejadi melatonin. Melatonin adalah hormon yang mengontrol siklus tidur sehari-hari. Semakin tinggi kadar melatonin, Anda semakin jauh dari masalah susah tidur.

  1. Mengontrol tekanan darah

Kandungan potasium dalam durian juga membuat buah ini dapat membantu mengontrol tekanan darah. Potasium merupakan elektrolit yang menjaga kestabilan tekanan darah. Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan komplikasi penyakit jantung, stroke, sampai gagal ginjal.

Baca juga: 7 Manfaat Air Rebusan Serai, Atasi Kembung hingga Diare

  1. Memasok energi

Manfaat durian untuk kesehatan lainnya yakni bisa memberikan pasokan energi. Buah ini baik dikonsumsi sebagai camilan sebelum olahraga. Durian termasuk makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Jenis makanan ini dapat membantu pelepasan energi yang cepat sehingga tubuh lebih kuat selama berolahraga. Dua butir durian berukuran sedang dapat memberikan karbohidrat setara dengan satu buah pisang berukuran sedang.

  1. Meningkatkan kesehatan tulang

Kandungan zat besi dan tembaga dalam durian dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Zat besi dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. Sementara kalsium juga berkontribusi dalam memperkuat dan menjaga kesehatan tulang.

Baca juga: Sejuta Manfaat Air Putih

  1. Menjaga kesehatan kulit

Seperti yang sudah disinggung di atas, durian mengandung vitamin C dalam jumlah yang besar. Makan sebanyak 243 gram durian bisa mencukupi 80 persen kebutuhan vitamin C sepanjang hari. Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang penting untuk melawan radikal bebas dari paparan asap rokok, polusi, dan sinar ultraviolet. Hal itu bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, seperti mengurangi bintik hitam dan mencegah kerutan halus di kulit.

  1. Mendukung kesehatan jantung

Kalium dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang menjadi biang utama penyakit jantung dan pembuluh darah. Durian juga banyak mengandung serat dan lemak tak jenuh yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *