Posisi Tidur Menyehatkan, Miring Kanan ataukah Kiri?

SMJTimes.com – Setiap orang memiliki gaya tidur yang berbeda-beda. Ada banyak ragam posisi tidur yang biasa orang lakukan, mulai dari tengkurap, terlentang, miring ke kanan, maupun miring ke kiri.

Diketahui, posisi tidur tertentu memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Begitu pula sebaliknya, ada juga dampak buruk yang mungkin terjadi ketika kita memilih posisi tidur.

Baca juga: Ketahui Manfaat Air Ketumbar, Menjaga Kesehatan Kulit Hingga Rambut

Menurut National Sleep Foundation, dilansir dari Kompas.com, Sabtu (7/11/2020), tidur terlentang adalah posisi tidur paling sehat. Manfaat tidur terlentang yakni menjaga leher dan tulang belakang tetap dalam posisi netral. Dengan begitu, nyeri di kedua area tersebut bisa dicegah. Tidur terlentang paling disarankan untuk bayi baru lahir dan anak-anak. Posisi ini bisa mencegah sindrom kematian bayi mendadak. Namun, posisi tidur terlentang tidak cocok untuk semua orang.

Baca Juga :   7 Cara Sederhana Obati Sakit Kepala saat di Rumah

Manfaat tidur miring

Tidur miring adalah posisi tidur terbaik kedua setelah terlentang atau menghadap ke atas. Secara umum manfaat tidur miring disebut lebih efektif untuk membantu membersihkan limbah otak, dibanding tidur terlentang atau tengkurap.

Komentar