oleh

Tidak Hanya Nikmat, Kopi Juga Kaya Khasiat

SMJ Times –  Banyak orang yang menggandrungi kopi. Minuman pekat ini, memiliki aroma khas yang menjadi primadona.

Banyak momen orang memilih ditemani dengan secangkir kopi. Memiliki rasa pahit dan kandungan kafein bisa membuat orang terjaga dan meningkatkan stamina untuk begadang semalaman.

Siapa sangka ternyata kopi juga memiliki khasiat yang tak terduaga bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat kopi bagi kesehatan dikutip dari laman detik.com.

Baca juga: Kenali Apa Itu Diet Ketogenic

  1. Kopi memberi rasa bahagia

Kopi mengandung zat yang disebut “dopamin” dan zat inilah yang menyebabkan efek euforia, perasaan yang menyenangkan yang selalu kita rasakan setiap hari, saat kita menikmati secangkir kopi.

  1. Kopi mengandung antioksidan

Biji kopi sebenarnya adalah biji di dalam buah kecil yang berwarna merah terang atau kuning. Baik biji maupun buahnya kaya akan antioksidan. Faktanya, terdapat satu penelitian yang menemukan kopi menjadi penyumbang terbesar terhadap asupan antioksidan.

Meskipun demikian, antioksidan dalam kopi telah dikaitkan dengan perlindungan kesehatan. Asam klorogenik, polifenol yang berlimpah dalam kopi, telah terbukti mengurangi peradangan dan mungkin dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit kronis, termasuk obesitas.

Baca juga: Fakta Sheet Mask Masker ala Korea

  1. Mengurangi risiko terkena diabetes tipe dua

Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa ada efek antioksidan dan anti-inflamasi kopi, kemampuan untuk meningkatkan pembakaran kalori, dan berdampak pada keragaman mikroba usus, sehingga dapat melindungi kesehatan.

  1. Menstimulasi kesehatan otak

Dalam hal kesehatan otak, kopi berkafein meningkatkan kewaspadaan dan juga dapat meningkatkan daya ingat hingga 24 jam setelah dikonsumsi. Konsumsi kopi juga meningkatkan daya konsentrasi.

Baca juga: Rekomendasi Kuliner Khas Pati, Wajib Dicoba

  1. Melindungi dari berbagai serangan penyakit

Studi menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat melindungi tubuh dari kanker tertentu, seperti payudara, kolorektal, endometrium, dan prostat, juga penyakit jantung dan parkinson. Konsumsi kopi juga dapat mengurangi resiko stroke.

Meskipun mengonsumsi kopi memiliki sejumlah manfaat, jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. Konsumsi kopi tidak boleh lebih dari 5 gelas kecil setiap harinya. Begitu pula hindari penggunaan pemanis buatan dalam menikmati kopi.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar