oleh

Sejuta Manfaat Air Putih

SMJTimes.com – Air tidak sekadar cairan penghilang rasa haus semata. Lebih dari itu air merupakan pelarut yang dapat melarutkan banyak macam zat. Tubuh manusia sendiri mengandung 75 persen air, setidaknya 2 liter air dibutuhkan tubuh setiap harinya.

Fenomena yang terjadi saat ini orang-orang lebih suka mengonsumsi minuman kemasan atau minuman yang beragam rasa. Terlebih lagi saat ini, berbagai produk minuman kekinian tengah menjamur di pasaran.
Alhasil, minuman kemasan menjadi tren kekinian di kalangan masyarakat terutama kalangan anak muda. Bahkan minuman francise produk olahan kopi, teh, susu atau yang lainnya saat ini telah menggeser air putih sebagai cairan wajib yang harus dipasok di dalam tubuh.

Baca juga: Hempas Jerawat Bonus Langsing

Meskipun demikian, peran penting air putih bagi tubuh tidak dapat digantikan oleh larutan lain yang mengandung zat campuran lain, sekalipun itu minuman sehat seperti halnya, jus ataupun smoothies.
Beberapa manfaat air putih bagi tubuh manusia diantaranya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pemenuhan air putih mampu membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Hidrasi dalam tubuh sangat penting yang mampu mempengaruhi kerja organ. Dengan hidrasi yang cukup, dapat membantu organ untuk bekerja dengan baik.

Air putih juga mampu membantu proses regenerasi sel. Di dalam tubuh, air berfungsi untuk mendistribusikan oksigen melalui peredaran darah. jika kebutuhan air di tubuh tercukupi, maka oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan semakin banyak. Oksigen sendiri dibutuhkan sel sebagai energi untuk menjalankan metabolisme.
Selain itu, air putih juga membantu dalam proses pembuangan racun dalam tubuh. Biasanya racun dikeluarkan tubuh melalui kotoran (feses), urine, maupun keringat. Tubuh memproduksi ketiganya, tentu memerlukan peranan air di dalamnya. Misalnya saja urine, 90 persen urine merupakan air. Di dalamnya mengandung beberapa zat yang tidak berguna bagi tubuh.

Lebih menariknya, air putih juga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk diet. Air putih dapat membantu menurunkan berat badan seseorang. Hal itu terjadi karena, air putih memiliki nol kalori. Sehingga, Anda dapat mengkonsumsi air putih dengan takaran yang banyak. Ketika perut terisi dengan air akan menekan keinginan untuk makan. Jika hal itu terjadi, jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuhpun akan berkurang. Ketika berlangsung secara terus menerus, perlahan-lahan berat badan pun semakin turun.

Baca juga: 

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *