oleh

Ganti Menu Sarapan Sehat Pakai Oatmeal, Ini Manfaat yang Didapat

SMJTimes.com – Umumnya, masyarakat Indonesia mengonsumsi nasi sebagai sumber asupan karbohirat. Begitupun saat sarapan, nasi menjadi makanan pokok sumber energi untuk menjalani kegiatan seharian penuh.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi nasi justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Terlebih di pagi hari, lambung yang belum terisi makanan selama 12 jam alangkah baiknya mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan mudah diserap usus.

Baca juga: 7 Manfaat Air Rebusan Serai, Atasi Kembung hingga Diare

Namun masalahnya, masyarakat Indonesia sering merasa tak kenyang jika tak mengonsumsi nasi. Kini kalian tak perlu khawatir, karena kamu bisa makan sehat namun juga merasa kenyang. Mengonsumsi oatmeal menjadi alternatif terbaik mengganti nasi sebagai menu sarapanmu.

Meski identik sebagai makanan bagi para pejuang diet, oatmeal juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi oatmeal.

Baca juga: 7 Manfaat Air Rebusan Serai, Atasi Kembung hingga Diare

  1. Kaya akan nutrisi

Setengah cangkir gandum utuh kering mengandung 4 gram serat yang akan mengisi 14 persen dari target minimum harian, di samping 5 gram protein nabati.  Karbohidrat gandum juga mengandung spektrum vitamin dan mineral yang luas, termasuk zat besi, magnesium, seng, selenium, vitamin B, dan sejumlah kecil kalsium dan kalium.

  1. Antioksidan

Oats menghasilkan senyawa yang disebut polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, menurut sebuah studi 2018 di Food Research International. Selain itu, polifenol juga  dikaitkan dengan perlindungan terhadap penyakit jantung dan stroke, serta diabetes tipe 2 dan obesitas.

Baca juga: Sejuta Manfaat Air Putih

  1. Oatmeal adalah makanan tinggi serat

Jenis serat yang ditemukan dalam oat yang disebut beta-glukan terbukti mendukung fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi konsentrasi kolesterol dan gula darah.  Beta-glukan juga berfungsi sebagai antioksidan, dan dalam peran ini terkait dengan perlindungan terhadap penyempitan pembuluh darah serta penyakit penurunan fungsi saraf seperti Alzheimer.

Baca juga: Manis-manis Bikin Candu, Ini Alasannya

  1. Menjaga berat badan yang sehat

Memulai hari dengan oatmeal dapat membantu mengendalikan berat badan karena beberapa alasan, terutama menjaga agar rasa kenyang yang bertahan lama. Dengan begitu kita akan terhindar dari keinginan ngemil. Serelia utuh seperti oat juga membantu mengontrol berat badan dengan mendukung metabolisme tubuh.

Sebuah penelitian tahun 2015, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Research, menyimpulkan bahwa pemakan oatmeal secara teratur memiliki bobot tubuh lebih rendah, lingkar pinggang lebih kecil, dan indeks massa tubuh lebih rendah. Mereka juga mendapat skor lebih tinggi pada Indeks Makan Sehat, yang menjadi ukuran kualitas makanan secara keseluruhan.

Baca juga: Konsumsi Jeroan Berlebihan, Berisiko Penyakit Jantung

  1. Oatmeal melindungi kesehatan secara keseluruhan

Sebuah tinjauan tahun 2019 terhadap penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology mengungkapkan bahwa oatmeal dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan semua penyebab kematian.
Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *