oleh

7 Manfaat Air Rebusan Serai, Atasi Kembung hingga Diare

SMJTimes.com – Serai memiliki bentuk rumpun yang padat dengan batang kaku dan pendek dan daun seperti pita yang meruncing ke ujung. Bonggol batang muda serai dapat digunakan sebagai penyedap berbagai jenis masakan.

Selain dimanfaatkan untuk memasak, serai juga sering kali konsumsi sebagai minuman. Air rebusan serai diyakini mengandung senyawa oksidan yang baik bagi kesehatan.

Baca juga: Ketahui Manfaat Air Ketumbar, Menjaga Kesehatan Kulit Hingga Rambut

Mengonsumsi rebusan air sereh memberi sensasi hangat dan segar bagi tubuh. Tak jarang banyak orang meminum air serai layaknya teh.

Serai memiliki bentuk rumpun yang padat dengan batang kaku dan pendek dan daun seperti pita yang meruncing ke ujung. Bonggol batang muda serai dapat digunakan sebagai penyedap berbagai jenis masakan.

Berikut ini manfaat rebusan serai bagi kesehatan SMJTimes rangkum dari berbagai sumber, Senin (9/11/2020).

Baca juga: Manfaat Bersepeda, Meningkatkan Daya Ingat Hingga Mencegah Demensia

  1. Meningkatkan kesehatan gigi dan mulut

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak serai mampu mencegah pertumbuhan bakteri. Termasuk di antaranya adalah bakteri yang dapat mengganggu kesehatan gigi dan mulut, seperti streptococcus sanguinis yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Rebusan serai juga bisa dijadikan obat kumur untuk menjaga kesehatan mulut. Kita juga dapat menggigit dan menggosokkan sisa rebusan batang serai pada gigi.

Baca juga: Posisi Tidur Menyehatkan, Miring Kanan ataukah Kiri?

  1. Meredakan kecemasan

Meminum teh hangat dapat membuat rileks, tapi manfaat rebusan serai tidak sampai di situ saja. Serai juga membantu meredakan kecemasan. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menemukan bahwa menghirup serai, terutama dalam bentuk minyak esensial dapat membantu orang-orang yang punya masalah kecemasan.

  1. Mengatasi kembung

Rebusan serai juga bisa digunakan untuk mengatasi kembung. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi rebusan serai dapat meningkatkan frekuensi berkemih karena memiliki efek diuretik. Sehingga, kembung yang terjadi karena menumpuknya cairan pada tubuh dapat diatasi. Manfaat rebusan serai yang satu ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah yang sama saat sindrom pramenstruasi (PMS).

Baca juga: 7 Khasiat Jeruk Purut, Menghilangkan Stres hingga Melancarkan Pencernaan

  1. Mencegah infeksi

Manfaat rebusan serai berikutnya adalah untuk mencegah infeksi. Sebuah studi menunjukkan bahwa serai mampu mencegah berbagai jenis infeksi yang dialami karena penurunan sistem imun tubuh, contohnya mengurangi dan meredakan sariawan pada penderita HIV.

  1. Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak serai mampu menurunkan kadar kolesterol. Banyaknya kolesterol yang diturunkan tergantung pada banyaknya dosis yang digunakan. Untuk menurunkan lebih banyak kolesterol, maka diperlukan lebih banyak serai.

Baca juga: Kaya Antioksidan, Ketahui Fakta Nutrisi Buah Naga

  1. Meningkatkan jumlah sel darah merah

Manfaat rebusan serai lainnya adalah meningkatkan jumlah hemoglobin dan sel darah merah dalam tubuh. Hal ini dikaitkan dengan kandungan antioksidan yang terdapat pada serai. Manfaat ini dianggap bisa didapatkan lewat mengonsumsi rebusan serai selama 30 hari.

  1. Mengatasi diare

Rebusan serai dapat digunakan untuk mengurangi frekuensi buang air besar sehingga bermanfaat untuk mengatasi diare. Tanaman ini juga memiliki fungsi antibakteri yang dapat mengurangi infeksi pada saluran pencernaan.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *