Manfaat Konsumsi Jagung bagi Tubuh

SMJTimes.com – Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat, selain nasi. Bahan makanan ini dapat diolah menjadi berbagai hidangan, mulai dari direbus, dibakar, menjadi campuran sayur, hingga popcorn.

Selain lezat dikonsumsi, jagung juga menawarkan berbagai nutrisi di dalamnya, seperti protein, serat, kalori, lemak, gula, vitamin, dan mineral. Dilansir dari Eat This Not That, berikut kebaikan dari jagung di menu makanan anda.

Mengandung mineral penting

Konsumsi jagung akan menambah mineral penting dalam tubuh yang berguna menurunkan risiko penyakit tertentu. Jagung menyediakan potasium, mineral yang disebut dapat menurunkan tekanan darah, mempertahankan tulang yang kuat, dan mencegah batu ginjal.

Menyediakan senyawa yang bermanfaat

Beberapa tumbuhan, seperti buah dan sayuran biasanya mengandung senyawa penting yang dapat memberikan pigmen warna. Senyawa tersebut juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi anda jika mengonsumsi buah atau sayuran tersebut. Jagung mengandung lutein dan zeaxanthin, yakni senyawa yang memberikan warna kuning pada jagung. Senyawa tersebut penting bagi kesehatan mata karena dapat melindungi mata dari cahaya biru, serta mengurangi risiko katarak.

Baca Juga :   Ekspor Jagung di Tahun 2022, Harga Jagung di Indonesia Mulai Stabil

Membuat kenyang lebih lama

Jagung bisa menjadi camilan sehat yang lezat. Jagung merupakan bahan makanan yang tinggi serat dan rendah kalori, sehingga membuat anda bisa menikmati kudapan tanpa takut berat badan melonjak. Anda bisa menikmati popcorn di tengah waktu makan utama. Namun, pastikan mengolahnya dengan minyak sehat untuk mendapatkan manfaat lebih.

Mengandung vitamin B

Salah satu nutrisi yang terkandung dalam jagung adalah vitamin B6 dan B9. Vitamin tersebut berperan pada metabolisme energi dan memperbaiki fungsi organ tubuh lainnya. Selain itu, jagung juga mengandung vitamin B5 dalam jumlah kecil, seperti asam pantotenat.

Komentar