oleh

Pagi Ataukah Siang, Waktu yang Tepat Menyiram Tanaman

SMJTimes.com – Air menjadi salah satu sumber energi bagi kehidupan. Seperti halnya manusia, tumbuhan juga membutuhkan asupan air untuk bertahan hidup. Oleh karenanya, menyiram tanaman menjadi hal penting yang tak boleh terlewat.

Menyiram tanaman sangatlah penting agar tanaman tumbuh subur dan sehat. Namun, menyiram tanaman juga perlu dilakukan di waktu yang tepat. Pasalnya, salah dalam melakukan penyiraman tanaman justru dapat mengakibatkan tanaman mati.

Baca juga: Tips Aman Memanaskan Makanan untuk Dikonsumsi Lagi

Air dibutuhkan tanaman untuk berlangsungnya fotosintesis. Namun, jika berlebihan, tanaman mudah busuk dan mati. Menyiram tanaman di siang hari juga tidak disarankan, karena waktu-waktu itu adalah saat dimana tanaman sedang berfotosintesis.

Idealnya kegiatan menyiram tanaman dilakukan pagi hari dari pada di sore hari. Penyiraman pada pagi bisa menjadi bekal menghadapi udara panas. Selain itu, jika kita menyiram dari atas tanaman, air di daun akan menguap di siang hari.

Baca juga: Resep Pekan Ini: Tips Mengolah Ubi Selain Dikukus, Tetap Menyehatkan

Namun, jika menyiram di sore hari, air yang menempel di daun akan mengendap di sana yang akan menyebabkan penyakit daun. Pangkal tanaman Cara menyiram juga harus diperhatikan, lebih baik menyiram tanaman dari pangkalnya dengan menggunakan penyiram atau selang air. Menyiram tanaman langsung pada akar juga dapat membatasi penguapan yang akan membuat tanaman menjadi kering.

Penyiraman pagi hari juga bermanfaat untuk tanaman musiman dan sayuran, yang umumnya memiliki akar yang lebih dangkal sehingga sulit mengambil kelembaban di tanah yang lebih dalam. Sering-seringlah mengecek tanaman. Saat daunnya terlihat terkulai dan layu, segera siram bagian akar secukupnya. Tanaman yang layu sebelum waktu menyiram tiba bisa terjadi karena penguapan berlebih karena udara panas, hingga tanaman yang semakin besar dan membutuhkan semakin banyak air.

Baca juga: Posisi Tidur Menyehatkan, Miring Kanan ataukah Kiri?

Lantas, bagaimana dengan tanaman yang tumbuh di pot?

Tanaman dalam pot perlu disiram dua kali sehari di pagi dan sore hari ketika matahari tengah terik. Penyilaman air di pagi hari membantu tumbuhan untuk mengatasi panasnya matahari di siang hari. Sedangnya, menyirami tanaman di sore hari menggantikan cairan yang telah hilang saat mengalami penguapan di siang hari.

Nah, kini kamu tak lagi bingung menyiram tanaman agar tumbuh subur dan sehat. Lakukan penyiraman secara rutin agar tanamanmu tetap segar.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *