oleh

7 Khasiat Jeruk Purut, Menghilangkan Stres hingga Melancarkan Pencernaan

SMJTimes.com – Jeruk purut biasa digunakan untuk menambah aroma sedap masakan. Tak heran jika banyak orang menambahkan jeruk purut ke dalam hidangan.

Namun, tahukah kamu jika jeruk purut memiliki khasiat yang melimpah bagi kesehatan?

Berikut ini manfaat jeruk purut, SMJTimes rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/11/2020).

Baca juga: Ketahui Manfaat Air Ketumbar, Menjaga Kesehatan Kulit Hingga Rambut

  1. Membunuh bakteri penyebab penyakit

Minyak atsiri yang terkandung dalam jeruk purut bersifat antibakteri E.Coli dan S. Aureus. Bakteri E.Coli adalah penyebab utama diare yang sering terjadi. Bakteri ini juga dapat mengakibatkan infeksi saluran kemih maupun pneumonia bakteri.

Sementara itu, S. Aureus adalah bakteri yang menyebabkan terjadinya bisul di kulit, abses, serta selulitis. Bakteri ini juga bisa menimbulkan beberapa infeksi yang lebih parah seperti pneumonia, infeksi aliran darah, dan endokarditis.

Baca juga: Manfaat Bersepeda, Meningkatkan Daya Ingat Hingga Mencegah Demensia

  1. Menjaga kesehatan gusi

Ekstrak daun dari buah jeruk purut sudah digunakan sebagai campuran beberapa pasta gigi organik. Hal ini bukanlah tanpa alasan. Sebab, ekstrak daun jeruk purut dianggap mampu menyehatkan rongga mulut.

Daun ini dipercaya dapat mengurangi penumpukan bakteri di rongga mulut yang bisa menjadi pemicu berbagai masalah gusi maupun gigi.

  1. Meredakan peradangan

Jeruk purut juga berkhasiat meradakan peradangan pada sendi akibat rematik maupun asam urat. Kita dapat mengoleskannya ekstrak daun jeruk di area yang nyeri untuk meredakannya. Namun perlu diingat bahwa cara ini belum terbukti secara ilmiah. Sehingga, kita tetap perlu berhati-hati saat mencobanya.

Baca juga: Sejuta Manfaat Air Putih

  1. Menyehatkan rambut

Meski belum terbukti secara ilmiah khasiat jeruk purut bisa menyehatkan rambut, namun secara tradisional, mengoleskan air perasan dan daun jeruk purut ke rambut dianggap bisa memperkuat rambut, mencegah ketombe, dan meningkatkan kilau rambut.

  1. Mengusir nyamuk

Mengusir nyamuk dan serangga adalah salah satu manfaat daun jeruk purut yang baik untuk kesehatan. Pada sebuah uji coba yang dilakukan menggunakan ekstrak daun jeruk purut, larutan tersebut terbukti bersifat toksin atau beracun untuk nyamuk ataupun serangga.

Baca juga: Tips Aman Memanaskan Makanan untuk Dikonsumsi Lagi

  1. Melancarkan pencernaan

Jeruk purut mengandung anti-inflamasi yang dapat merangsang sistem pencernaan.

Maka, ketika kita mengalami sembelit atau gangguan pencernaan, jeruk purut dapat mengatasi kondisi tersebut dan membuat usus bersih kembali.

  1. Mengurangi stres

Minyak dari jeruk purut bisa dimanfaatkan sebagai aromaterapi.

Dengan menghirup uap aromaterapi jeruk purut dapat mengurangi stres dan kecemasan sehingga tubuh serta pikiran kembali tenang.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *