oleh

Kulit Sehat dan Mulus dengan Diet Vegan, Begini Penjelasan Ahli

SMJTimes.com – Belakangan ini, pola hidup vegan mulai populer di masyarakat. Banyak orang memilih menanggalkan produk hewan dan beralih ke tumbuhan dengan berbagai alasan kesehatan hingga kecantikan.

Sejumlah ahli mengatakan pola hidup vegan baik untuk kesehatan secara umum. Ada pula yang mengatakan diet vegan memberikan manfaat untuk kulit.

Baca juga: Ketahui Manfaat Air Ketumbar, Menjaga Kesehatan Kulit Hingga Rambut

Penelitian menemukan pola makan vegan dan makanan utuh adalah yang terbaik untuk kulit. Pola makan ini membantu menyembuhkan kondisi kulit, membuat kulit bersinar, dan membuat wajah tampak lebih muda.

Mengutip Kompas.com, Jumat (30/10/2020) Dermatolog Dr. Niyati Sharma mengatakan, pola makan vegan yang kaya akan nabati berpengaruh terhadap kondisi kulitnya. Ia menemukan makanan nabati membuat kulitnya menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Dokter kulit yang berbasis di Melbourne itu menyatakan makanan nabati bisa membantu mengatasi masalah jerawat. Bahkan hal ini dibuktikan oleh penelitian.

Dikatakan oleh Sharma, pada 1970-an sekelompok peneliti pergi ke Papua Nugini dan menemukan fakta tidak ada remaja yang berjerawat di sana. Kemudian pada 2002, penelitian lain di Kepulauan Kitavan, Papua Nugini memiliki kesimpulan yang sama.

Baca juga: Manfaat Bersepeda, Meningkatkan Daya Ingat Hingga Mencegah Demensia

“Tidak ada satu pun papula, pustula, atau komedo terbuka ditemukan di seluruh populasi yang diperiksa,” tulis penelitian tersebut seperti dikutip Livekindly.

Peneliti menyatakan, dari 300 orang masyarakat Kitavan yang berusia 15-25 tahun, tidak ada satu pun yang memiliki jerawat. Dari penelitian tersebut Sharma menyimpulkan, diet dan cara hidup memengaruhi kondisi kulit terutama terkait jerawat.

Masyarakat di Papua Nugini jarang mengonsumsi makanan olahan dan hewani. Makanan utama mereka umbi dan buah-buahan. Satu-satunya produk hewani yang biasa dikonsumsi adalah ikan segar.

Baca juga: Pastikan Kebutuhan Vitamin D, Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini

“Jika melihat prevalensi dan insiden jerawat secara keseluruhan, makanan berperan penting. Sebagian besar orang mengonsumsi lebih banyak makanan olahan, makanan berlemak, gula tinggi, dan juga produk susu,” kata Sharma.

Studi ini, yang diterbitkan pada 2017 di jurnal internasional ilmu molekuler, juga mengatakan makanan dan suplemen nabati, terutama yang kaya serat dan polifenol dapat mencegah terjadinya jerawat. Dokter kulit lain Pam Benito menyatakan, orang yang beralih ke pola makan vegan mengalami perubahan kulit dan mungkin mengalami jerawat di awal karena tubuh masih menyesuaikan diri. Namun jika pola makan itu berlangsung dalam jangka panjang, maka masalah jerawat dan perubahan kulit akan lebih baik.

Baca juga: Hindari 5 Kebisaan Ini, Bisa Picu Diabetes

“Tapi beda cerita jika masalahnya berasal dari alergi makanan, ketidakseimbangan hormon, atau rutinitas perawatan kulit yang buruk. Masalah kulit tidak hilang dengan sendirinya,” kata Benito.

Namun bukan berarti menerapkan pola makan ini bisa menjamin seutuhnya kulit menjadi lebih bersih. Hal itu tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi. Pola makan vegan yang tidak sehat seperti kentang yang digoreng masih bisa menimbulkan peradangan di kulit.

Sharma mengingatkan, menjadi vegan saja tidak cukup untuk mengurangi peradangan dan kondisi kulit yang terkait dengannya. Diperlukan pola makan vegan yang sehat diisi dengan makanan nabati dan makanan utuh.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *