oleh

Cara Menjaga Kesehatan Mental

SMJtimes.com – Banyaknya tekanan dan stres memicu seseorang lebih rentan dengan depresi. Selain depresi, kondisi stres juga dapat memicu penyakit lain seperti jantung dan tekanan darah tinggi. Maka dari itu, kesehatan mental perlu dijaga sehingga kita memiliki tubuh yang sehat dan selalu bahagia. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan mental di tengah tuntutan yang semakin banyak? Simak beberapa tips di bawah ini!

Berpikir Positif pada Diri Sendiri

Dikutip dari Halodoc, penelitian menunjukkan cara berpikir tentang diri sendiri dapat berefek pada kejiwaan. Pemikiran positif tentang diri sendiri dapat memberikan kepercayaan diri sehingga jauh dari rasa overthinking dan negative thinking.

Biasakan untuk memberikan kata-kata positif setiap hari di pagi hari untuk diri kita sendiri. Dengan begitu, anda akan merasa lebih optimis dalam bekerja dan beraktivitas.

Baca Juga :   Istri Vidi Aldiano Dikabarkan Hamil

Fokus pada Satu Hal

Jika anda memiliki sebuah tujuan, maka capailah tujuan tersebut tanpa mendengar komentar negatif dari orang lain. Sering kali kita terlalu memikirkan tanggapan orang lain atas apa yang telah kita lakukan. Terlalu memikirkan tanggapan buruk dan komentar negatif hanya akan menghambat jalan yang anda lalui dan mengganggu kesehatan mental anda. Maka dari itu, percaya lah pada diri sendiri dan fokuskan tujuan anda saja.

Isi Waktu dengan Kegiatan Positif

Hal negatif biasanya datang saat pikiran kita kosong. Gunakanlah waktu seproduktif mungkin untuk melalukan hal-hal positif atau yang disukai. Kembangkanlah hobi tersebut untuk mengisi waktu kosong anda.

Meditasi dan Berolahraga

Salah satu pilihan kegiatan yang bisa anda lakukan di waktu senggang adalah meditasi dan olahraga. Dengan meditasi, segala pikiran di dalam kepala anda akan netral. Meditasi juga bermanfaat untuk membuat anda lebih tenang dan merasa rileks. Luangkan waktu sekitar 10 menit untuk meditasi di pagi hari dan sebelum tidur.

Komentar