oleh

Waspada Penyakit Tumor Otak, Kenali Gejalanya

SMJTimes.com – Tumor otak menjadi salah satu penyakit yang ditakuti. Pasalnya, tak sedikit kasus penyakit ini yang berujung pada kematian.

Banyak jenis tumor otak yang menyerang manusia. Umumnya, gejala yang ditunjukkan tergantung pada jenis, ukuran, dan lokasi tumor otak.

Beberapa jenis tumor pada otak bersifat kanker atau ganas. Namun, beberapa di antaranya bersifat non-kanker atau jinak.

Baca juga: Tips Saring Berita, Hoaks Atau Benar

Berikut ini beberapa gejala tumor otak, melansir CNNIndonesia, Senin (28/9/2020).

  1. Perubahan sakit kepala

Sakit kepala yang kian memburuk adalah gejala umum yang memengaruhi sekitar 50 persen pasien tumor otak.

Tumor pada otak dapat menekan saraf dan pembuluh darah yang sensitif. Kondisi ini dapat menyebabkan perubahan pola sakit kepala, seperti berikut: merasakan sakit yang terus menerus, tapi tidak seperti migraine, terasa lebih sakit saat bangun di pagi hari, disertai muntah atau gejala neurologis lainnya, terasa lebih sakit saat berolahraga, batuk, atau saat berubah posisi, tak dapat diredam dengan obat pereda nyeri

Baca juga: Siaga Kekeringan, Berikut Tips Menghadapi Musim Kemarau dari BNPB

Namun, perlu diketahui pula bahwa sakit kepala disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kurang tidur hingga stroke.

  1. Kejang

Tumor pada otak dapat menekan sel saraf di otak. Kondisi tersebut dapat mengganggu sinyal listrik dan mengakibatkan kejang.

Baca juga: Pastikan Rumah dalam Keadaan Aman Selama Mudik, Berikut Tips Ala Damkar

Pada beberapa kasus, kejang menjadi tanda awal tumor otak. Sekitar 50 persen orang dengan tumor otak mengalami setidaknya satu kali kejang.

Selain tumor otak, kejang juga disebabkan oleh beberapa kondisi lain termasuk saat seseorang berhenti mengonsumsi obat-obatan.

  1. Perubahan suasana hati

Tak hanya mengganggu fungsi otak secara fisik, tumor otak juga mengganggu secara psikis. Tumor otak dapat memengaruhi kepribadian dan suasana hati yang tidak dapat dijelaskan. Seperti, menjadi lebih mudah tersinggung, menjadi seseorang yang pasif dan pemalas, tiba-tiba marah tanpa alasan yang jelas.

Baca juga: Sejuta Manfaat Air Putih

Gejala-gejala di atas bisa disebabkan oleh tumor yang berada di bagian tertentu pada otak besar, lobus frontal, dan lobus temporal.

Selain tumor otak, perubahan kepribadian dan perubahan suasana hati juga disebabkan oleh gangguan mental, penyalahgunaan obat, dan gangguan lain yang melibatkan otak.

  1. Kehilangan memori dan kebingungan

Masalah memori disebabkan oleh tumor yang terletak di lobus frontal atau temporal. Tumor di lobus frontal juga dapat memengaruhi kemampuan menalar dan mengambil keputusan.

Baca juga: Resep Pempek Nasi, Sulap Nasi Sisa Menjadi Sajian Nikmat nan Unik

Umumnya, pada gejala ini, seseorang akan mengalami beberapa hal berikut: sulit berkonsentrasi dan mudah teralihkan, sering bingung tentang hal-hal yang sederhana, tak dapat melakukan banyak tugas dan sulit membuat rencana, masalah pada memori jangka pendek.

Kondisi tersebut bisa terjadi pada setiap tahap tumor otak. Kondisi tersebut juga bisa menjadi efek samping dari kemoterapi, radiasi, atau perawatan kanker lainnya.

Masalah kognitif ringan seperti di atas juga dapat terjadi karena berbagai alasan seperti kekurangan vitamin, penggunaan obat tertentu, dan gangguan emosional lainnya.

Baca juga: Terjawab Misteri Terdamparnya Ratusan Paus Pilot di Lepas Pantai Tasmania

  1. Kelelahan

Orang dengan tumor otak umumnya akan mengalami kelelahan yang tidak biasa. Berikut beberapa bentuk kelelahan yang bisa mengindikasikan tumor otak: merasa lelah sepanjang waktu, merasa sangat lelah hingga anggota tubuh terasa berat, sering tertidur di siang hari, kehilangan kemampuan untuk focus, mudah tersinggung dan tidak sopan.

Kelelahan bisa disebabkan oleh tumor otak yang bersifat kanker. Namun, kelelahan juga bisa menjadi efek samping dari pengobatan kanker. Kondisi lain yang menyebabkan kelelahan di antaranya autoimun, gangguan neurologis, dan anemia.

Baca juga: Jangan Remehkan, Ubi Jalar Mengandung Nutrisi Superfood

  1. Depresi

Depresi adalah gejala umum di antara orang-orang yang didiagnosis tumor otak. Depresi umumnya hadir dengan beberapa tanda seperti berikut: perasaan sedih yang berlangsung lama, kehilangan minat pada hal-hal yang sebelumnya disukai, kekurangan energi dan insomnia, muncul pikiran untuk menyakiti diri sendiri hingga bunuh diri, perasaan bersalah atau tidak berharga

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *