oleh

Waspada Penyakit Tumor Otak, Kenali Gejalanya

SMJTimes.com – Tumor otak menjadi salah satu penyakit yang ditakuti. Pasalnya, tak sedikit kasus penyakit ini yang berujung pada kematian.

Banyak jenis tumor otak yang menyerang manusia. Umumnya, gejala yang ditunjukkan tergantung pada jenis, ukuran, dan lokasi tumor otak.

Beberapa jenis tumor pada otak bersifat kanker atau ganas. Namun, beberapa di antaranya bersifat non-kanker atau jinak.

Baca juga: Tips Saring Berita, Hoaks Atau Benar

Berikut ini beberapa gejala tumor otak, melansir CNNIndonesia, Senin (28/9/2020).

  1. Perubahan sakit kepala

Sakit kepala yang kian memburuk adalah gejala umum yang memengaruhi sekitar 50 persen pasien tumor otak.

Tumor pada otak dapat menekan saraf dan pembuluh darah yang sensitif. Kondisi ini dapat menyebabkan perubahan pola sakit kepala, seperti berikut: merasakan sakit yang terus menerus, tapi tidak seperti migraine, terasa lebih sakit saat bangun di pagi hari, disertai muntah atau gejala neurologis lainnya, terasa lebih sakit saat berolahraga, batuk, atau saat berubah posisi, tak dapat diredam dengan obat pereda nyeri

Baca Juga :   Merasa Ngantuk Usai Makan, Ini Penjelasannya

Baca juga: Siaga Kekeringan, Berikut Tips Menghadapi Musim Kemarau dari BNPB

Namun, perlu diketahui pula bahwa sakit kepala disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kurang tidur hingga stroke.

  1. Kejang

Tumor pada otak dapat menekan sel saraf di otak. Kondisi tersebut dapat mengganggu sinyal listrik dan mengakibatkan kejang.

Baca juga: Pastikan Rumah dalam Keadaan Aman Selama Mudik, Berikut Tips Ala Damkar

Pada beberapa kasus, kejang menjadi tanda awal tumor otak. Sekitar 50 persen orang dengan tumor otak mengalami setidaknya satu kali kejang.

Selain tumor otak, kejang juga disebabkan oleh beberapa kondisi lain termasuk saat seseorang berhenti mengonsumsi obat-obatan.

  1. Perubahan suasana hati
Baca Juga :   6 Alasan Soda Tak Baik Bagi Kesehatan

Tak hanya mengganggu fungsi otak secara fisik, tumor otak juga mengganggu secara psikis. Tumor otak dapat memengaruhi kepribadian dan suasana hati yang tidak dapat dijelaskan. Seperti, menjadi lebih mudah tersinggung, menjadi seseorang yang pasif dan pemalas, tiba-tiba marah tanpa alasan yang jelas.

Komentar