oleh

Terjawab Misteri Terdamparnya Ratusan Paus Pilot di Lepas Pantai Tasmania

SMJTimes – Ratusan paus pilot terdampar di lepas Pantai Barat Tasmania, Senin (21/9/2020). Para tim penyelamat berusaha untuk membebaskan sekelompok besar paus pilot yang terjebak di gumuk pasir yang ada di kawasan pantai ini.

Mengutip laman Kompas.com, Selasa (22/9/2020), sekitar 270 paus pilot terjebak di kawasan gumuk pasir Macquarie Heads, dekat Strahan di Pantai Barat Tasmania, sekitar 190 km dari Hobart. Ahli biologi menduga terdamparnya ratusan paus itu kemungkinan disebabkan oleh satu atau dua paus yang tersesat. Kendati mungkin mustahil untuk mengatakan mengapa 270 mamalia laut ini bisa sampai terjebak secara massal di gumuk pasir.

Baca juga: Selain Bumi, 4 Planet Lain Diduga Menyimpan Tanda-tanda Kehidupan

Namun, ahli biologi satwa liar Marine Conservation Program, Dr Kris Carlyon mengatakan sifat sosial paus pilot membuat mereka dapat memengaruhi kelompoknya. Perilaku kelompok mamalia laut ini sangat kuat, jadi semua hewan yang terdampar tersebut bergerak dan bersuara untuk saling memengaruhi.

Para tim penyelamat hewan malang ini masih berupaya menyelamatkan paus-paus pilot tersebut. Dari 270 paus pilot yang terdampar diperkirakan sepertiga di antaranya telah mati. Kesalahan navigasi mungkin penyebabnya Dibutuhkan waktu berhari-hari untuk bisa menyelamatkan paus-paus pilot ini.

Baca juga: Hati-hati, Peneliti Mengungkap Risiko Penularan Covid-19 di dalam Pesawat

Lantas, mengapa kejadian paus terdampar sangat umum terjadi di Tasmania? Para peneliti telah melabeli negara bagian tersebut sebagai ‘hotspot global’ akibat terdamparnya paus pilot secara massal. Dr Vanessa Pirotta dari Macquarie University mengatakan penyebab paus pilot terdampar secara massal masih tetap menjadi misteri.

Paus menggunakan lokasi gema untuk navigasi, mereka melihat dunia melalui suara. Bisa diartikan, peristiwa ini disebabkan kesalahan navigasi dari pemimpin kelompok.

Baca juga: Menguak Sejarah, Jejak Kaki Berusia 120 Ribu Tahun Ditemukan di Arab Saudi

Dr Pirotta mengatakan hewan-hewan yang memimpin kawanan ini kemungkinan ketakutan dan mengambil tindakan mengelak yang menyebabkan kelompoknya mendapat masalah. Atau penyebab lain yang mungkin terjadi adalah rasa petualangan yang membuat mereka tersesat hingga terdampar di lepas Pantai Barat Tasmania.

Namun, apapun alasan atau penyebab terdamparnya paus-paus ini, peristiwa tersebut sudah berulang kali terjadi di Tasmania.

Baca juga: Beruang Purba Zaman Es Ditemukan dalam Kondisi Utuh

“Paus terdampar bukan hal yang aneh di Tasmania, dan terdamparnya ikan paus dalam skala ini juga tidak jarang, tetapi pastinya kami belum pernah mengalaminya setidaknya selama 10 tahun ini,” kata Deka.

Deka menambahkan apapun penyebabnya, kawasan Strahan, Ocean Beach dan Macquarie Harbour tampaknya telah menjadi hotspot yang membuat berbagai kejadian paus terdampar. Pakar paus Mike Double menegaskan bahwa Tasmania adalah ‘hotspot global’ untuk peristiwa ini.

Baca juga; WhatsApp Punya Fitur Baru, Bisa Video Call Hingga 50 Orang

“Dasarnya (paus terdampar) cukup umum di seluruh Australia, tetapi ketika terjadi terdampar massal, ya, Tassie (Tasmania) benar-benar pusatnya,” kata peneliti dari Institut Studi Kelautan dan Antartika, University of Tasmania ini.

Lalu, mengapa Tasmania menjadi hotspot terdamparnya paus? Para ahli masih belum dapat memastikan mengapa wilayah Tasmania menjadi hotspot bagi kawanan hewan laut. Ada berbagai penyebab kemungkinan seperti sifat garis pantai, kecelakaan, disorientasi akibat perairan yang kompleks atau dangkal, dan sejumlah penyebab lainnya.

Baca juga: Perhatikan 10 Bahan Masakan Ini, Jangan Simpan di Kulkas

Dr Pirotta mengatakan manusia bisa saja menyebabkan paus menjadi bingung.

“Karena manusia memang menyumbang banyak pencemaran akustik di lingkungan laut. Kita punya alat tangkap, kapal. Kita (manusia) datangkan ancaman bagi hewan-hewan ini,” kata Dr Pirotta.

Baca juga: Cek Legalitas IMEI HP, Ketahui Ponsel BM atau Bukan

Hewan laut Cetacea seperti paus, lumba-lumba dan porpoise memiliki rasa penasaran yang kuat dengan alam. “Hewan-hewan ini mungkin telah berkelana terlalu dekat dan akibatnya memasuki suatu daerah yang mengakibatkan mereka terdampar,” ungkap Dr Pirotta.

Apapun penyebab paus pilot terdampar, jalan masuk di Macquarie Heads menjadi lokasi yang sempurna yang dapat membuat paus terjebak ke perairan ini.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *