oleh

Tanaman Tumbuh Subur, Hindari Beberapa Kesalahan saat Berkebun

SMJTimes.com – Melihat tanaman tumbuh subur menjadi cita-cita semua penanam. Namun, sayangnya banyak hal terjadi tidak sesuai dengan rencana. Tanaman bisa saja tiba-tiba layu, membusuk dan mati.

Rupanya, ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh penanam pemula. Apa sajakah kesalahan yang paling sering terjadi? Simak pemaparan berikut ini.

Baca juga: Fenomena Langka, Bulan Biru Akan Muncul pada Oktober Mendatang

  1. Kurang atau kelebihan sinar matahari

Jika kamu ingin menanam tanaman baru, kenali dulu apakah itu jenis tanaman indoor atau tanaman outdoor. Jika yang kamu tanam adalah tanaman indoor, maka letakkan dia di tempat yang terkena sinar matahari pagi atau sore. Namun jangan terlalu lama, cukup 2-3 jam saja. Selain itu, jangan menjemur tanaman di bawah matahari langsung, letakkan tanaman indoor di bawah atap atau lapisan anti uv atau paranet.

Jangan karena merasa beli tanaman indoor, mereka taruhnya di dalam rumah terus tanpa kena sinar matahari. Padahal semua makhluk butuh matahari, mereka butuh matahari walaupun enggak full.

Baca juga: Selain Bumi, 4 Planet Lain Diduga Menyimpan Tanda-tanda Kehidupan

Sementara, jika kamu membeli tanaman outdoor, letakkan tanaman di bawah sinar matahari langsung dan jangan letakkan tanaman di bawah atap.

  1. Terlalu banyak air

Karena baru memiliki tanaman, beberapa orang justru terlalu bersemangat untuk menyirami tanamannya. Akibatnya, tanaman justru mati. Tanaman akan mudah busuk jika terlalu banyak air yang diberikan.

Baca juga: Beberapa Upaya Tingkatkan Imunitas Tubuh

  1. Tidak konsisten

Setelah memutuskan untuk membeli tanaman, itu artinya kamu sudah siap berkomitmen. Komitmen di sini maksudnya adalah berkomitmen untuk terus merawatnya dengan menyiram, memberi pupuk, mengganti media tanam dan pot, serta memberi tanaman sinar matahari yang cukup.

Nah, dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda mungkin bisa menghindari kematian pada tanaman kesayangan Anda.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *