oleh

Bagaimana Hadapi Anak yang Lengket dengan Gadget

SMJ Times – Kecanggihan teknologi saat ini melahirkan Gadget yang memberi banyak kemudahan bagi pemakainya. Bak pisau bermata dua, dibalik manfaat yang diperoleh penggunaan gadget juga dapat berdampak buruk jika tidak pintar memanfaatkan.

Semakin menggiurkan fitur dan pelayanan yang ditawarkan, semakin tinggi juga risiko yang didapatkan. Oleh karena itu, dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini diperlukan kebijaksanaan dan tanggungjawab, agar dampak positif dapat diperoleh.

Faktanya saat ini, penggunaan Gadget telah merambah ke seluruh kalangan, bahkan anak-anak. Banyak alasan yang membuat orang tua secara seangaja memberikan Gadget kepada anak. Namun siapa sangka, Jika tadinya Gadget senjata ampuh agar anak tidak rewel justru bisa mencelakai diri anak.

Baca juga: Cara Hilangkan Timbunan Lemak di Perut

Tanpa mendampingi dan membekali anak dengan literasi digital, itu sama saja mereka menjerumuskan anak ke berbagai ancaman berbahaya bahkan anak rentan terpapar konten negatif.

Mengutip Detik.com, berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua menghadapi anak yang susah lepas dengan Gadget.

1. Buat Aturan

Buatlah aturan berapa jam dalam sehari dia boleh bermain game di gadget, dan diskusikan tentang alasannya dengan anak Anda.
Pada awalnya anak mungkin akan berontak dan marah-marah jika ia dibatasi bermain gadget. Namun Anda harus konsisten menjalankan aturan yang telah dibuat. Lama kelamaan anak akan terbiasa dengan aturan tersebut.

2. Komunikasi Sangat Penting

Jadilah teman bagi anak, bukan orangtua yang ditakuti sehingga anak enggan terbuka dengan Anda. Tekankan kepada anak untuk selalu mengkomunikasikan kepada orangtua jika ada hal-hal yang membuatnya tidak nyaman ketika menggunakan gadget. Sebaliknya, orangtua juga harus peka terhadap perubahan perilaku anak jika dirasa ada yang aneh.

Baca juga: Terlalu Sering Bersepeda Picu Disfungsi Ereksi?

3. Pasang Software Parental Control

Jika diperlukan Anda bisa menginstal software parental control di gadget tersebut. Tujuannya untuk memantau aktivitas apa saja yang dilakukan anak di gadget tersebut. Dengan software ini Anda juga bisa mengatur berapa jam anak boleh internet-an, situs apa saja yang diakses dan sebagainya.

Peran orang tua dalam mengontror penggunaan Gadget sangatlah penting. Oleh karena, pengawasan dan komunikasi langsung tetap yang utama untuk mencegah anak terpapar konten negatif.

Baca juga:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar