oleh

Tips Saring Berita, Hoaks Atau Benar

SMJ Times – Belakangan ini, banyak beredar informasi-informasi yang tidak benar di dunia maya. Konten hoaks dan artikel bernada provokatif bertebaran di internet.

Membasmi konten-konten bernada negatif yang beredar di internet tentu tidak mudah. Meski pemerintah tengah berupaya memblokir situs-situs yang dianggap negatif atau provokatif, setiap harinya ada banyak situs sejenis yang lahir.

Kekhawatiran ini mengingat tingkat literasi media sosial di Indonesia masih sangat rendah. Artinya, masih banyak netizen di Indonesia yang belum mampu untuk memahami, menganalisis dan mengevaluasi informasi atau pesan-pesan yang beredar di media sosial.

Baca juga: Cara Hilangkan Timbunan Lemak di Perut

Mengutip Detik.com, beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengetahui konten di Internet hoaks atau tidak.

1. Cek URL situs

Nama situs artikel perlu diperhatikan untuk mengetahui informasi yang disampaikan benar atau tidak. Banyak kabar hoaks yang menggunakan situs yang namanya mirip dengan media yang kredibel. Oleh kerenanya jangan mudah terkecoh ketika membaca judul saja.

2. Lakukan Cross Check

Cross check dapat dilakukan dengan melakukan riset kecil-kecilan ke berbagai situs lain yang lebih terpercaya. Berita hoaks cendurung berisi konten yang bersifat provokatif yang dapat memancing emosi pembaca. Jadi jangan langsung percaya informasi yang termuat sebelum memastikan kebenarannya.

Baca juga: Cara Hilangkan Timbunan Lemak di Perut

3. Telaah isi artikel menggunakan logika

Ketika menemukan artikel atau informasi coba telaah terlebih dahulu. Apakah informasi tersebut masuk akal.

Saat ini ada banyak sekali berita yang sengaja dibuat agar menjadi viral di internet atau media sosial, tujuannya semata-mata hanya karena uang. Pelaku sengaja membuat berita hoaks dengan judul yang bombastis agar situsnya dikunjungi banyak orang dan Ia mendapatkan uang dari iklan yang dipasang di situsnya.

Jangan mudah menyebarkan informasi yang kalian temukan di internet hanya karena memiliki judul yang menarik atau bombastis. Hal tersebut hanya akan membantu menyebarkan kebohongan dan dapat menutupi informasi yang bermanfaat lainnya, karena saking banyaknya berita hoaks yang beredar.

Baca juga:

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar