Selain Bumi, 4 Planet Lain Diduga Menyimpan Tanda-tanda Kehidupan

SMJTimes – Saat ini diketahui Bumi menjadi satu-satunya planet yang menyimpan kehidupan. Namun belakangan ini, peneliti menemukan keberadaan gas fosfin di atmosfer Venus yang menimbulkan dugaan adanya kehidupan di planet lain selain Bumi.

Gas fosfina seringkali ditemukan sebagai hasil proses biotik dan abiotic makhluk hidup di planet Bumi. Hal itu menunjukkan adanya tanda-tanda kehidupan di Venus yang berlum diketahui siapa penghuni planet terdekat dari Bumi tersebut.

Baca juga: Beruang Purba Zaman Es Ditemukan dalam Kondisi Utuh

Sebelumnya, beberapa tanda kehidupan dari gas fosfina juga telah ditemukan di planet lain selain Venus. Berikut ini beberapa planet yang menunjukkan adanya tanda-tanda kehidupan.

  1. Mars
Baca Juga :   Ancaman Tsunami, BNPB : Perhatikan Durasi Gempa

Mars menjadi planet yang paling mirip dengan Bumi. Memiliki waktu 24,5 jam sehari. Di sana terdapat lapisan es kutub, dan sejumlah besar fitur permukaan yang dibentuk oleh air.

Di bawah lapisan es itu, diduga terdapat sebuah danau. Metana di atmosfer Mars juga berkorelasi dengan musim dan waktu. Ini semua menjadikan Mars sebagai planet paling layak untuk huni setelah Bumi.

Komentar