oleh

Kenali Tipe Sakit Kepala dan Penyebabnya

SMJTimes.com – Hampir setiap orang pernah terserang sakit kepala. Sakit kepala merupakan akibat dari gangguan pada struktur-struktur yang sensitif terhadap nyeri di daerah kepala dan leher.

Sakit kepala kadang dianggap sepele karena bisa hilang dengan sendirinya, maupun dibantu dengan obat penghilang rasa sakit. Padahal, ada banyak tipe sakit kepala dan penyebabnya. Tipe sakit kepala yang kita alami ternyata bisa memiliki arti yang berbeda bagi kondisi kesehatan.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga Efektif Membakar Lemak

Berikut ini beberapa macam tipe sakit kepala dan penyebabnya.

1. Sakit kepala tegang (tension headache)

Tension headache merupakan sakit kepala yang paling sering dialami. Hampir setiap orang mengalami sakit kepala ini, sehingga disebut sakit kepala sehari-hari. Rasa sakit pada bagian kanan kepala ini merupakan jenis sakit kepala yang paling umum, meskipun belum ditemukan kejelasan pasti penyebabnya. Selain itu, Anda juga mungkin merasa kaku di belakang leher dan otot bahu kemudian menyebar ke depan dan merasa adanya tekanan di belakang mata bersamaan dengan tekanan pada rahang Anda.

2. Migrain

Migrain adalah serangan sakit kepala sebelah berulang yang diikuti rasa nyeri yang biasanya parah dan sering membuat penderitanya tidak berdaya. Banyak orang menyebut kondisi ini sebagai sakit kepala sebelah. Rasa sakitnya berdenyut intens atau berupa rasa sakit ekstrem seperti dihantam oleh benda keras.

Walaupun begitu, kondisi ini tergolong sebagai gangguan neurologis turunan akibat ketahanan yang lebih rendah terhadap rangsangan penyebab migrain, berbeda dari sakit kepala biasa ataupun cluster.

Baca juga: Alasan Kenapa Orang Tak Kunjung Menikah

Sakit kepala sebelah dikatakan serius bila berlangsung dari 4 jam sampai 3 hari dan disertai dengan gejala lainnya yang sangat parah hingga menghambat Anda untuk beraktivitas normal. Sakit kepala sebelah juga dikatakan parah jika penderita memiliki riwayat serangan setidaknya 2-5 kali serangan dengan pola yang sama.

3. Sakit kepala cluster

Sama seperti migrain, kondisi ini juga menyebabkan sakit kepala sebelah di salah satu sisi kepala. Bedanya, rasa nyeri yang intens terjadi secara tiba-tiba dan cenderung muncul di belakang mata atau area sekitar mata.

Selain nyeri yang intens, gejala lainnya dari kondisi ini adalah mata memerah dan berair, pupil mengecil, serta hidung berair. Kondisi ini terbilang umum, akan tetapi paling parah di antara jenis sakit kepala lainnya.

Setiap serangan sakit kepala sebelah dapat berlangsung 15 menit hingga 3 jam dan sering membangunkan pasien dari tidur karena rasa sakitnya bisa sangat buruk dan intens. Gejala kondisi ini bisa terjadi setiap hari dan berlangsung beberapa minggu atau bulan pada satu waktu sebelum reda.

Baca juga: Sejuta Manfaat Air Putih

4. Sakit kepala di belakang mata

Bergantung dari tingkat sakitnya, sakit kepala di belakang mata juga sangat umum terjadi. Sakit kepala semacam itu bisa menjadi gejala beberapa tipe sakit kepala lainnya, termasuk sakit kepala tegang, sakit kepala cluster, migrain, atau masalah pada mata.

5. Sakit kepala belakang leher atau kepala

Sakit kepala belakang leher atau kepala disebabkan oleh postur tubuh yang salah yang mengakibatkan leher keseleo dan cedera tulang belakang bagian atas. Untuk mengobatinya, dapat menempuh langkah koreksi postur tubuh, olahraga leher, hingga fisioterapi.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar