oleh

Cara Hilangkan Timbunan Lemak di Perut

SMJTimes.com – Memiliki tubuh ideal menjadi dambaan setiap orang. Tidak hanya kaum hawa saja, pria pun ingin memiliki tubuh yang menarik. Memiliki bentuk tubuh yang pas membuat orang tampil percaya diri.

Tak heran, jika banyak orang berusaha keras guna membentuk tubuh ideal yang diharapkan. berbagai cara pun dilakukan, mulai dari menjaga pola hidup sehat hingga latihan olahraga keras berjam-jam di gym.

Banyak hal yang menjadi indikator bentuk tubuh ideal bagi sebagian kaum pria, mulai dari tinggi badan, ukuran badan, dan berat badan. Perut buncit menjadi salah satu persoalan yang sering dialami oleh kebanyakan kaum adam.

Baca juga: Kenali Tipe Sakit Kepala dan Penyebabnya

Perut buncit merupakan penumpukan lemak berlebih pada daerah sekitar perut yang banyak disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, seperti kurangnya olahraga, minum alkohol, makan makanan yang berlemak dan berminyak, terlalu banyak makan junk food, dan jajanan lain yang dapat merusak kinerja usus dalam mencerna makanan.

Penumpukan lemak di perut tidak hanya mengganggu penampilan. Dilansir dari Healthline, penumpukan lemak di perut dapat memengaruhi kesehatan. Beberapa penyakit pun dapat muncul seperti diabetes tipe 2 hingga serangan jantung.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga Efektif Membakar Lemak

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut buncit:

  1. Olahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang dapat mempercepat pembakaran lemak di tubuh. Dengan rajin melakukan olahraga dapat memperkuat otot tubuh dan membakar lemak menjadi energi. Ada beberapa olahraga yang punya manfaat khusus untuk bagian perut seperti latihan aerobik, jalan cepat, berenang, plankingpush up, ataupun menggunakan abs roller.

  1. Kurangi konsumsi makanan tinggi gula

Ada dua jenis gula yaitu, glukosa dan fruktosa. Di dalam tubuh, fruktosa diproses di hati. Jika mengonsumsi makan dan minuman dalam kadar gula yang tinggi, hati tidak dapat memprosesnya seluruh fruktosa yang masuk. Sisa fruktosa yang tidak dapat dicerna hanya akan diubah menjadi lemak yang menumpuk di perut.

Baca juga: Alasan Kenapa Orang Tak Kunjung Menikah

  1. Perbanyak minum air putih

Minum air putih yang cukup dapat menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Selain itu dengan banyak minum air putih membuat kita merasa kenyang dan mencegah makan terlalu banyak.

Air putih juga dipercaya dapat membantu membuang racun dalam tubuh. Kebutuhan sehari-hari, cukup penuhi kebutuhan 2 liter air untuk proses metabolisme tubuh. Meminum air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari dipercaya mampu untuk membakar 96 kalori/hari.

  1. Makan dengan porsi kecil

Hal ini termasuk cara paling mudah untuk mengecilkan perut. Kalau biasanya makan berat tiga kali sehari, coba perlahan mengubah kebiasaan tersebut dengan cara makan dalam porsi kecil dengan jarak antara 2 sampai 3 jam. Manfaatnya adalah mencegah lingkar perut semakin melebar dan membuat sistem metabolisme membakar lebih banyak lemak.

  1. Tidur lebih awal

Tidur lebih awal punya banyak manfaat. Salah satunya, dengan tidur lebih awal terhindar dari rasa lapar di tengah malam. Selain itu, menjaga pola makan dan olahraga akan lebih efektif mengecilkan perut bila kamu cukup tidur. Kekurangan jam tidur dapat menghasilkan hormon stres bernama kortisol yang efeknya adalah membuat timbunan lemak di area perut.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *