oleh

Fakta Sheet Mask Masker ala Korea

SMJ Times – Masker merupakan produk perawatan wajah yang tak bisa terlewatkan bagi kaum hawa. Penggunaan masker sendiri menjadi kegiatan wajib dalam rutinitas perawatan yang dilakukan.

Wanita zaman dahulu memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai masker kecantikan. Mulai dari sayur hingga segala macam jenis buah-buahan dipercaya memiliki khasiat untuk merawat kulit wajah.

Berbeda saat ini, berbagai jenis masker perawatan wajah diproduksi di pasaran. Mulai dalam bentuk bubuk, gel, hingga saat ini sheet mask menjadi salah satu masker yang tengah digandrungi para perempuan.

Baca juga: Sejuta Manfaat Air Putih

Sheet mask memiliki bentuk lembaran seperti helaian kertas yang dibalur dengan cairan serum atau essence untuk melembabkan kulit wajah.

Belakangan, penggunaan sheet mask ini juga menjadi populer lantaran banyaknya produk kecantikan Korea Selatan yang menawarkan sheet mask.

Sebelum kamu menggunakan Sheet Mask dalam perawatan wajah, perlu kamu ketahui beberapa fakta mengenai Sheet Mask:

Baca juga: Jangan Sepelekan Kesemutan, Bisa Jadi Gejala Penyakit

1. Tidak dapat menggantikan manfaat masker tradisional

Meskipun sama-sama masker, sheet mask tidaklah sama kandungan dan khasiatnya jika dibandingkan dengan masker oles tradisional. Masker kertas tempel juga tidak bisa membersihkan wajah dan mengangkat sel kulit mati pada wajah seperti masker oles. Namun, sebagian besar masker langsung tempel ini dikemas dengan kandungan vitamin, asam amino dan mineral, sehingga cukup baik digunakan sebagai produk perawatan wajah.

2. Sheet mask efektif melembapkan kulit wajah

Menurut dr. Debbie Palmer, Sheet mask paling berkhasiat untuk melembapkan kulit wajah. Pasalnya, belum ada studi klinis yang mampu membuktikan kalau masker kertas langsung tempel ini mampu mengobati masalah kulit. Untungnya, masker ini baik untuk meningkatkan kadar air dan oksigen di kulit wajah yang kering. Jadi kulit wajah akan lembut dan lebih halus setelah menggunakan masker ini.

Baca juga: Beberapa Upaya Tingkatkan Imunitas Tubuh

3. Kurang cocok untuk wajah berjerawat

Berhubung masker ini bisa membuat suhu kulit wajah berubah tiba-tiba karena kandungan airnya, masker ini kurang cocok digunakan bagi mereka yang berjerawat.

Hal ini disebabkan ketika suhu wajah naik, masker ini malah dapat meningkatkan jumlah bakteri di permukaan kulit yang menyebabkan jerawat jadi makin parah.

4. Jangan terlalu lama menempelkan di wajah

Banyak orang berpikir bahwa memakai sheet mask dalam jangka waktu yang lama alias mendiamkannya semakin lama akan memberikan hasil maksimal. Ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Mendiamkan sheet mask terlalu lama justru akan membuat kulit memburuk.

Sheet mask yang didiamkan terlalu lama bahkan hingga mengering akan membuat proses osmosis berbalik. Hal ini bisa mengakibatkan lembaran masker menyerap cairan dari wajah kamu. Oleh karena itu, pastikan untuk melepas masker saat kondisinya masih lembap.

5. Tetap gunakan produk perawatan lainnya

Meski sudah diisi dengan berbagai jenis vitamin dan mineral, bukan berarti kamu tidak perlu menggunakan produk perawatan wajah lainnya. Dr. Debbie Palmer mengatakan bahwa masker langsung tempel dari kertas ini tidak bisa melembapkan wajah seharian penuh.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *