oleh

Rekomendasi Kuliner Khas Pati, Wajib Dicoba

SMJ Times – Pati merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal akan sektor pertanian dan perikanan. Kota yang berbatasan dengan Jepara dan Rembang ini memiliki daya tarik tersendiri dibidang kuliner.

Makanan khas Pati pun menjadi incaran banyak wisatawan ketika berkunjung. Kota Bumi Mina Tani ini memiliki beragam panganan khas yang patut dicoba. Berikut ini beberapa makanan khas Pati yang wajib dicicipi.

1. Nasi Gandul

Nasi gandul menjadi kuliner icon khas kota Pati. Makanan ini biasanya dihidangkan dengan potongan daging, telur bacem, ataupun babat yang disiram dengan kuah santan yang kental disantap dengan nasi hangat.
Pedagang biasanya menggunakan daun pisang sebagai alas makan menambah kesan tradisional yang khas. Tak ketinggalan juga tempe garit yang memani santap nasi gandul.

2. Sego Tewel

Sego tewel ini menjadi makanan primadona masyarakat Jawa di Pati. Makanan ini menjadi menu santap makan berat di mana nasi dihidangkan dengan sayur tewel atau nangka muda.
Beralaskan daun jati, beberapa lauk pendamping dikombinasikan menambah kelezatan sego tewel ini, seperti telur bacem, irisan daging, telur dadar, ataupun krupuk.

3. Mangut Kelapa Manyung

Makanan berbahan dasar ikan Manyung ini mejadi andalan warga Pati. Salah satu yang menjadi daya tarik dari makanan ini adalah kuah kuning yang berasal dari perpaduan kunyit dan bumbu rempah lainnya.

4. Petis Kambing Runting

Petis kambing khas Pati biasa disebut petis kambing runting karena berasal dari daerah Desa Runting, Pati. Seperti namanya, petis kambing berbahan dasar daging kambing.
Petis kambing ini penyajiannya tidak jauh berbeda dengan gulai kambing yang ada di tempat-tempat makan. Yang membuatnya unik dari petis kambing ini adalah, kuah yang dihasilkan dari campuran bumbu petis ini lebih berwarna gelap dan kental karena dilengkapi dengan tepung beras di dalamnya.

5. Soto Kemiri

Dinamakan soto kemiri dikarenakan soto khas satu ini rasa rempahnya lebih identik ke bumbu kemiri.
Sebenarnya juga tidak jauh berbeda dengan sajian soto lain. Bedanya, untuk daging yang digunakan buat isi dari soto kemiri adalah daging ayam muda yang dipotong kecil-kecil.

loading…


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *