oleh

5 Jenis Olahraga Efektif Membakar Lemak

SMJTimes.com – Selain peroleh tubuh yang bugar, olahraga biasanya dilakukan oleh orang yang sedang melakukan diet. Olahraga dipilih oleh para pejuang diet untuk mempercepat penurunan berat badan dengan pembakaran lemak yang dilakukan saat berolahraga.

Ketika seseorang ingin menurunkan berat badan, biasanya ia akan mencari olahraga yang mampu membakar kalori paling banyak dan cepat. Membakar kalori di tubuh diyakini sebagai cara efektif untuk menurunkan berat badan. Tidak heran jika jenis olahraga yang paling banyak membakar kalori lebih akan digandrungi orang-orang yang ingin lebih cepat langsing dan ideal.

Baca juga: Sejuta Manfaat Air Putih

Olahraga bakar lemak pada umumnya memiliki intensitas yang tinggi untuk pergerakan kaki, tangan serta badan. Intensitas ini membuat Anda bisa mencapai target body goal dengan cepat.

Membuat berat badan menjadi ideal memang tidak mudah. Namun, tidak menutup kemungkinan siapapun bisa melakukannya termasuk bagi orang yang mengalami berat badan berlebihan. Dibutuhkan kegiatan seperti berolahraga yang mampu membakar banyak kalori agar berat badan menjadi ideal. Beberapa olahraga yang mampu membakar kalori lebih banyak diantaranya adalah :

1. lari

Lari merupakan jenis olahraga yang paling sederhana dan tidak ribet. Untuk melakukan olahraga ini tak memerlukan keahlian dan alat khusus. Berbekal sepatu lari, Anda langsung bisa melakukan olahraga lari.
Olahraga lari sangat membantu pembakaran kalori dalam tubuh. Dikutip dari halodoc, Anda bisa membakar 748 kalori ketika berlari dalam satu jam. Hal ini bisa tercapai dengan intensitas sedang dengan kecepatan lima kilometer per jam.

Alangkah baiknya sebelum lari, Anda memastikan nutrisi tubuh tercukupi. Jangan berlari tanpa nutrisi karena ini malah dapat membahayakan tubuh. Ditambah, sebaiknya jangan terlalu memforsir saat lari. Jeda istirahat perlu dilakukan untuk mengambil nafas lalu meneruskan perjalanan.

Baca juga: Hempas Jerawat Bonus Langsing

2. Bersepeda

Pilihan olahraga yang bisa bakar lemak tanpa harus berkelompok adalah bersepeda. Bersepeda termasuk olahraga yang bisa menghilangkan lemak dengan cepat. Olahraga sepeda bisa membakar 5000 kalori dalam per jam. Kadar kalori yang terbakar bisa lebih banyak jika jarak dan kecepatan yang Anda lakukan lebih besar.
Satu jam bersepeda pada intensitas maksimum bisa membuat seorang wanita dengan berat badan 72 kilogram membakar 850 kalori dan jumlahnya bahkan lebih tinggi untuk pria, yaitu sekitar 950 kalori

3. Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga terbaik untuk membentuk sendi dan bentuk tubuhmu. Kelebihannya, kamu gak perlu takut berkeringat dan merasa gerah. Meskipun kamu lelah, air akan tetap membuatmu sejuk dan dingin.

Baca juga: Alasan Kenapa Orang Tak Kunjung Menikah

4. Tenis

Tenis adalah olahraga yang sangat efektif untuk membakar kalori. Itu karena perlunya menyesuaikan ritme permainan. Dalam olahraga ini perlu diketahui kapan harus berhenti dan kapan perlu beraksi. Adapun, bahu, lengan dan pinggul akan terlatih dengan baik.

Untuk dapat hasil yang maksimal, sebaiknya kamu bertanding satu lawan satu daripada beregu supaya jangkauan lapanganmu lebih luas. Meski begitu, olahraga ini tidak cocok untuk yang memiliki lutut atau pergelangan yang buruk.

Baca juga: Agar Tak Stres Hadapi Skripsi

5. Basket

Olahraga basket bisa membakar banyak kalori dalam tubuh. Hal ini karena olahraga ini menghabiskan waktu untuk berlari, melompat serta mengangkat tangan. Olahraga ini sangat menguras tenaga dan pikiran. Tak heran sangat jarang pemain basket aktif yang bertubuh tambun.

Olahraga bola basket bisa membakar 728 kalori per jam untuk orang yang memiliki berat badan 100 kg. Mulailah dengan bermain selama 15 menit dan meningkatkan intensitas secara perlahan. Namun, ingatlah bahwa olahraga ini sangat rentan cidera. Anda bisa saja cidera saat melompat atau berbenturan saat mengambil bola.

Baca juga: 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *