oleh

Beberapa Upaya Tingkatkan Imunitas Tubuh

SMJTimes.com – Tubuh manusia memiliki kemampuan untuk mempertahankan diri dari penyakit. Kemampuan tersebut sering dikenal dengan imunitas tubuh.

Sistem ini akan melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Pada dasarnya, sistem imun tubuh secara normal dapat bekerja sangat efisien dalam menghadapi musuh tersebut.

Akan tetapi pada kondisi sebaliknya, ketika daya tahan tubuh lemah seseorang akan lebih mudah terserang penyakit. Hal ini yang menyebabkan orang lebih mudah jatuh sakit.

Baca juga: Sejuta Manfaat Air Putih

Terlebih di masa pandemi saat ini, menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima sangatlah penting. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat.

1. Istirahat cukup

Kurang tidur menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit seperti batuk atau flu. Studi membuktikan, orang yang beristirahat dengan baik mengembangkan perlindungan yang lebih kuat terhadap penyakit. Tidak cukup tidur dapat menyebabkan kadar hormon stres yang lebih tinggi. Hal ini menyebabkan lebih banyak peradangan di tubuh. Bagi orang dewasa, tidur 7 hingga 9 jam adalah kunci untuk kesehatan yang baik.

2. Olahraga teratur

Cobalah berolahraga teratur seperti jalan kaki 30 menit setiap hari. Ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi. Olahraga juga dapat meningkatkan proses kimiawi dalam tubuh dan membantu tidur lebih baik. Keduanya baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Kenali Tipe Sakit Kepala dan Penyebabnya

3. Terapkan pola makan sehat

Untuk menjaga daya tahan tubuh diperlukan nutrisi yang cukup bagi tubuh. Hal ini melibatkan pasokan makronutrien dan mikronutrien yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang memiliki nutrisi sehat dan seimbang membuat tubuh lebih kuat untuk melawan penyakit.

4. Konsumsi suplemen vitamin

Selain menerapkan pola hidup sehat, konsumsi suplemen dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang tidak memenuhi kebutuhan zat gizi. Suplemen ini berfungsi sebagai pendamping makanan yang dikonsumsi, apabila tidak memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Baca juga: Cara Hilangkan Timbunan Lemak di Perut

5. Hindari Stres

Stres kronis membuat tubuh mengalami aliran hormon stres yang menekan sistem kekebalan tubuh. Beberapa aktivitas yang dapat menghindari stres adalah belajar bermeditasi, terhubung dengan orang lain, berolahraga, dan melakukan konseling. Penelitian menunjukkan orang yang bermeditasi secara teratur mungkin memiliki respons sistem kekebalan yang lebih sehat. Dalam satu percobaan, orang yang bermeditasi selama periode 8 minggu membuat lebih banyak antibodi terhadap vaksin flu daripada orang yang tidak bermeditasi.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *