oleh

6 Manfaat Konsumsi Kuaci

SMJTimes.com – Kuaci menjadi salah satu cemilan yang menjadi favorit saat sedang bersantai. Memiliki ukuran yang mungil, kuaci juga memiliki rasa gurih yang lezat dan nikmat.

Kuaci atau Helianthus annus ini berasal dari bunga matahari. Biji bunga matahari dipanen dari bagian kepala bunga matahari.

Kuaci memiliki kandungan nutrisi yang beragam, diantaranya, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Dari kandungan nutrsi tersebut, kuaci memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini manfaat kuaci bagi kesehatan, SMJTimes.com kutip dari berbagai sumber, Jumat (23/4/2021).

  1. Menurunkan kolesterol

Kuaci mengandung vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh yang diyakini mampu menyingkirkan kolesterol jahat pada dinding arteri. Hal ini mampu menurunkan risiko kematian dini dari penyakit jantung.

Baca Juga :   Tips Menghadapi Teman yang Menangis, 3 Hal yang Perlu Dihindari

Kandungan kuaci mampu menjaga fungsi jantung yang memompa darah ke seluruh bagian tubuh agar bisa berajalan normal.

  1. Mencegah kanker

Kuaci mengandung selenium yang bisa mengatasi pertumbuhan sel kanker. Selain menghancurkan sel kanker, selenium juga bagus untuk memperbaiki sel DNA yang rusak akibat penyakit atau obat-obatan tertentu. Mengonsumsi kuaci secara rutin bisa menghambat perkembangan sel kanker.

  1. Menurunkan resiko diabetes

Kuaci memiliki kandungan asam chlorogenic dan asam caffeic, di mana keduanya tergabung dalam suatu zat bernama polifenol yang berfungsi sebagai sumber antioksidan yang sangat baik untuk menghancurkan oksidan dalam tubuh.

Sedangkan zat klogenat yang terdapat pada kuaci bagus untuk menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga kadar gula tetap normal.

  1. Mengatasi penyakit jantung

Kuaci mengandung vitamin E sebagai antioksidan yang bagus untuk menghancurkan lemak yang menempel di dalam tubuh.

Baca Juga :   Bahan Alami Untuk Kulit Putih Bersih

Kandungan kuaci mampu menjaga fungsi jantung yang memompa darah ke seluruh bagian tubuh agar bisa berjalan normal. Dengan demikian, Anda yang mengidap penyakit jantung bisa mengonsumsi kuaci secara rutin, agar penyakit jantung perlahan-lahan bisa sembuh.

Komentar

News Feed