oleh

Alasan Kenapa Orang Tak Kunjung Menikah

SMJTimes.com – Pernikahan merupakan hal yang didamba kebanyakan orang. Biasanya orang yang sudah memasuki usia matang, mulai merencanakan pernikahan.

Namun, usia tidak bisa menjadi satu-satunya acuan seseorang dinyatakan siap untuk menikah. Buktinya, Setiap orang menikah diumur yang berbeda-beda.

Sebagian orang berpikir pernikahan adalah final dari hidup mereka sehingga membutuhkan pertimbangan khusus untuk melangkah ke jenjang penikahan.

Baca juga: Sejuta Manfaat Air Putih

Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda tentang penikahan. Berikut ini beberapa alasan orang memilih untuk melajang meski di usia matang:

1. Merasa bisa mendapatkan segala sesuatu tanpa harus menikah
Alasan ini biasanya terjadi pada orang yang menyaksikan atau mengalami hubungan yang cenderung abusif. Setelah terlepas dari hubungan yang menyakitkan tersebut, Ia berpikir kenapa harus menikah jika hanya sebagai jalan menyakiti orang lain.
Sedangkan tetap single membuat dirinya merasa gembira dan bisa mendapat apa saja dari usaha yang dilakukan sendiri. Merekapun bisa mendapat kasih sayang dari orang lain tanpa adanya pernikahan.

2. Takut Kehilangan Kebebasan

Sebagian orang berpikir, jika ikatan pernikahan atau menjalin komitmen dapat memutus kebebasan diri. Padahal tidak semua kasus pernikahan seperti itu.

Kondisi seperti ini dapat dipicu oleh pengalaman perempuan yang kerap melihat lelaki sebagai figur yang selalu mengambil keputusan dalam segala hal.
Bagi perempuan, kebebasan adalah sesuatu yang bisa dicapai melalui pendidikan, karier, dan kemampuan finansial.

Baca juga: Agar Tak Stres Hadapi Skripsi

3. Mencari pasangan yang pas

Baik perempuan ataupun laki-laki biasanya memiliki tipe ideal yang diidamkan untuk menjadi pasangannya. Banyak dari mereka urung menikah karena merasa belum mendapat pasangan yang sesuai dengan tipe yang diharapkan. Alhasil, mereka memilih untuk terus mencari pasangan sesuai dengan tipe yang diidam-idamkan.

4. Patah hati traumatis

Masa berpacaran yang panjang dan berakhir dengan perpisahan karena pengkhianatan, atau ketiadaan restu orangtua, mendatangkan efek traumatis mendalam. Biasanya, perempuan ataupun laki-laki yang ada dalam posisi ini mengalami kesulitan untuk membuka hati dan memilih untuk hidup melajang.

Baca juga: Raup Untung Via Medsos

5. Lebih suka menikmati hidup sendiri

Bayangan akan hidup dan berbagi semua ke satu orang adalah bayangan yang aneh bagi mereka yang memutuskan tidak menikah. Bukan karena mereka antisosial. Namun ketika mereka punya sahabat dan keluarga yang selama ini jadi tempat berbagi, tiba-tiba harus mengubah prioritasnya untuk berbagi dengan seorang di luar mereka.

Belum dengan setiap keputusan yang harus mereka bicarakan dan putuskan bersama, tidak boleh sepihak. Ini tentunya akan lebih ribet.

Baca juga: Ancaman Gula Bagi Tubuh

6. Alasan Finansial

Alasan keuangan sering kali menjadi alasan seseorang untuk menunda pernikahan. Dalam hal ini, banyak orang berpikir setelah pernikahan adanya pelonjakan pengeluaran yang harus dipenuhi. Alasan ini biasanya dipakai oleh orang-orang yang merasa dirinya belum mapan, memiliki penghasilan yang rendah, ataupun pekerjaan yang kurang bagus.

Sejatinya pernikahan adalah pilihan. Tidak ada yang salah dengan orang yang memilih untuk menikah di usia muda ataupun di usia dewasa.

Nah, demikian beberapa alasan yang sering kali membuat orang memilih single meskipun usia sudah dewasa. Apakah salah satu alasan di atas ada pada diri kalian?

Baca juga: Usus Pangkal Kesehatan Tubuh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *