oleh

Sempat Dibatalkan MA, Iuran BPJS Kesehatan Naik Lagi per Bulan Juli

Pati, Smjtimes.com – Mulai hari ini, Rabu (1/7/2020) iuran BPJS Kesehatan untuk golongan umum dinaikkan kembali. Hal ini berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomer 64 tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

“Per hari ini tarif BPJS Kesehatan dilakukan penyesuaian kembali untuk kelas 1 di harga Rp150 ribu, kelas 2 Rp100 ribu dan kelas 3 Rp42 ribu,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Pati, Bena Ventura saat ditemui Mitrapost.com di kantornya, Rabu (1/7/2020).

Meskipun demikian, kata Bena, khusus kelas 3 masih diberikan subsidi oleh pemerintah sebanyak Rp16.500 sampai akhir tahun 2021. “Sehingga peserta (kelas 3) cukup membayar Rp25.500 sesuai Perpres 75 sebelumnya,” lanjut Bena.

Baca juga: Kapolda Jateng Siap Tertibkan Protokol Kesehatan di Kepolisian

Hal ini dilakukan untuk mengakomodir kelompok-kelompok masyarakat yang merasa keberatan dengan kenaikan iuran BPJS ini.

Bagi peserta kelas 1 dan kelas 2 yang mau berpindah ke kelas 3 bisa melakukan perpindahan kelas hingga Agustus. “Karena sesuai prosedur itu minimal 1 tahun di kelas yang sama baru di kelas yang lain. Untuk masa-masa ini kami memberi kemudahan sampai bulan Agustus,” tutur Bena.

Baca juga: Keterlambatan Klaim Pembayaran BPJS Dibahas dalam Rapat Komisi D DPRD Pati

Sebelumnya, pada tahun lalu, Presiden juga sempat menaikkan iuran BPJS kesehatan dengan menerbitkan Perpres 75 Tahun 2019. Dalam Perpres ini, kelas 1 naik menjadi Rp180 ribu, kelas 2 menjadi Rp110 ribu dan kelas 3 menjadi Rp42 ribu. Kenaikan iuran ini sempat berlaku selama 3 bulan, dari bulan Januari hingga Maret.

Namun, Perpres ini digugat ke Mahkamah Agung (MA) oleh beberapa kalangan masyarakat. “Sehingga keputusan MA turun, permintaan pembatalan Perpres dikabulakan dan Prespresnya dicabut dan pada bulan April hingga Juni ke turun lagi,” tuturnya. (*)

Baca juga: Dinpermades P2KB Selesaikan Pelayanan KB di 64 Faskes Se-Kabupaten Demak

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *