Tingkatkan Nafsu Makan, Konsumsi Sumber Makanan Berikut

SMJTimes.com – Sejumlah orang berupaya untuk meningkatkan nafsu makan. Berbagai cara dilakukan hingga mengonsumsi suplemen tertentu.

Hilangnya nafsu makan dapat memperngaruhi kualitas hidup seseorang. Pasalnya, merosotnya nafsu makan bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi yang penting untuk kesehatan.

Namun, mengonsumsi suplemen penambah nafsu makan ditakutkan dapat memicu efek samping yang dapat membahayakan tubuh. Berikut ini zat potensial yang dapat meningkatkan nafsu makan secara alami.

  1. Zinc

Melansir Medical News Today, kekurangan zinc dapat menyebabkan gejala tidak nafsu makan sampai daya tahan tubuh menurun. Kekurangan mineral penting ini bisa memengaruhi nafsu makan karena persepsi rasa di lidah jadi berubah.

Orang dewasa setidaknya membutuhkan zinc sebanyak 8-11 miligram per hari. Kebutuhan zat gizi ini lebih tinggi pada ibu hamil, ibu menyusui, dan orang dengan masalah kesehatan tertentu.

Baca Juga :   Berikut Dampak yang Akan Terjadi Jika Berlebihan Konsumsi Cola

Penelitian pada hewan menunjukkan, pemberian asupan yang mengandung zinc dapat menambah nafsu makan pada objek yang kekurangan zinc. Beberapa makanan sumber zinc alami di antaranya daging sapi, tiram, telur, kacang-kacangan, sampai gandum utuh.

  1. Vitamin B1

Fungsi vitamin B1 atau tiamin sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang. Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan tidak nafsu makan sampai menurunkan berat badan. Berdasarkan pedoman angka kecukupan gizi menurut Kementerian Kesehatan, kebutuhan vitamin B1 orang dewasa sebanyak 1,1-1,2 miligram per hari.

Komentar