oleh

Susah Tidur, Berikut Tips Mengatasinya

SMJTimes.com – Tidur merupakan kebutuhan alamiah seorang manusia karena cukup baik untuk kesehatan tubuh, termasuk otak. Susah tidur merupakan kondisi yang sering kali umum terjadi.

Meski kerap dianggap sepele, susah tidur dapat disebabkan seseorang menjadi kurang bertenaga, mudah sekali lelah, dan cukup sulit untuk konsentrasi. Bahkan, dalam jangka panjang pun, kondisi ini cukup mudan memicu munculnya beragam masalah kesehatan, mulai dari menurunnya daya ingat.

Nah, ada beberapa cara mengatasi susah tidur yang dapat kalian lakukan agar tidur menjadi lebih nyenyak, nyaman dan berkualitas tentunya. Dengan begitu, kalian pun bisa lebih produktif dan lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

  1. Tidur dan bangun dengan waktu teratur setiap hari

Tidak sedikit orang melakukan jam tidur nya yang terlewatkan saat hari kerja dan tidur berlebihan di akhir pekan. Padahal, kebiasaan tersebut dapat membuat jadwal tidur alami menjadi terganggu.

Oleh karena itu, diusahakan untuk selalu tidur dan bangun pada waktu yang teratur setiap hari. Karena hal ini dapat membuat tubuh agar terbiasa dengan waktu tidur yang cukup konsisten dan menjadikan mudah untuk tidur. Kalian bisa melakukan jadwal waktu tidur dengan sekitar  7-9 jam untuk  setiap harinya, agar aktivitas yang dilakukan cukup ber energi/semangat di pagi hari.

  1. Batasi waktu tidur siang

Tidur siang juga dapat dilakukan untuk membuat orang menjadi  lebih susah tidur dimalam hari. Sebagian orang mungkin merasa  bahwa tidur di siang hari juga dapat menyegarkan tubuh saat sehabis  lelah beraktivitas.

Baca Juga :   Apa Benar Konsumsi Telur Berlebihan Picu Diabetes?

Maka dari itu, jika kalian sedang kelelahan dan ingin tidur siang sebentar dengan hal untuk mrnambah energi . Disarankan untuk tidur hanya selama 10-20 menit an saja sebelum pada jam 3 sore.

  1. Hindari mengkonsumsi alkohol berlebih

Untuk mengatasi susah tidur, kalian perlu menghindari makanan maupun minuman yang dapat mengandung alkohol, terutama di saat malam hari. Seperti minuman yang dapat menganndung kafein, contohnya kopi,teh ataupun minuman bersoda juga berenergi.

Selain hal itu, kalian dapat menghindari konsumsi makanan yang ber porsi banyak/berat saat menjelang waktu tidur.

  1. Tidak merokok sebelum tidur

Agar kalian dapat memounyai tidur yang berkualitas, cara mengatasi nya dapat dilakukan dengan menghentikan kebiasaan merokok. Hal ini tidak tanpa alasan, perokok lebih sulit tidur, sering terbangun, dan sering mengalami gangguan pada saat tidur.

Tak hanya mennghindari minuman maupun makanan yang beralkohol/berkafein. Karena kandungan Nikotin di dalam rokok dapat membuat kalian menjadi susah tidur.

  1. Hindari stres

Saat seseorang sedang mengalami stres, tubuhnya akan mendapatkan produksi lebih banyak hormon kortisol yang bisa mengganggu pola tidur sehat seseorang. Untuk meredakan stres, kalian dapat mencoba beberapa cara, seperti rutin melakukan yoga, meditasi, atau relaksasi sebelum tidur.

Selain itu, kalian juga bisa mencoba beberapa cara mengatasi susah tidur yang lainnya, seperti hal nya mandi air hangat sebelum tidur, membaca buku untuk ketenangan , atau juga mendengarkan musik yang dapat membuat kalian rileks.

  1. Mencoba rileks
Baca Juga :   5 Penyebab Merasa Haus Terus-Menerus

Bagi kalian yang mengalami susah tidur, satu di antara cara cepat tidur yang bisa kalian lakukan adalah dengan merileks kan tubuh sebelum tidur. Dengan mendapatkan kondisi rileks, lakukan beberapa hal berikut seperti mandi dengan air hangat, mendengarkan musik pelan, dan melakukan yoga. Redakan emosi juga dengan pikran kalian sekitar 1 jam sebelum tidur.

  1. Relaksasi otot bagian dalam

Relaksasi otot dalam dapat membantu pikiran kalian dan badan menjadi  lebih tenang. Sebelum memulai relaksasi otot dalam, coba untuk kembali berlatih dengan metode 4-7-8 dengan membayangkan seluruh ketegangan dapat meninggalkan tubuh saat kalian mengeluarkan napas.

  1. Hindari cahaya saat tidur

Cahaya sangat mempengaruhi proses produksi dari hormon melatonin. Cahya yang terang akan membuat hambatan proses produksinya dan tidak adanya dorongan proses produksi.

Ada beberapa tips diantaranya, matikan peralatan yang bersumber cahaya dengan waktu 1 jam sebelum tidur. Setelah itu tutupi dengan sebuah kain gelap bagi semua peralatan yang bersumber cahaya ( tidak bisa dimatikan).

  1. Gunakan obat tidur sesuai anjuran dokter

Kalian juga mungkin bisa tergoda untuk menggunakan obat tidur ketika rasa mengantuk kalian belum juga timbul. Tapi berhati hatilah dalam menggunakan obat tidur tersebut.

Karena dapat membuat kecanduan juga memilki efek samping bagi kesehatan. Obat tidur diguanakan dalam jangka waktu yang cukup pendek dan juga bukan untuk gaya hidup sehari hari kalian.

  1. Segera berkonsultasi dengan dokter terdekat
Baca Juga :   Kasus Kian Melonjak, Kenali Aktivitas yang Berisiko Terpapar Covid-19

Ketika sudah timbul insomnia dan kalian masih tergolong rendah, maka masih bisa mengatasinya dengan beberapa tips mudah tersebut. Tetapi jika selama dalam jangka waktu sebulan masih saja tidak kunjung reda.

Dianjurkan untuk sudah saatnya konsultasikan ke dokter. Untuk memeriksakan diri dan mengetahui hal apa yang terjadi pada tubuh diri kalian. Insomnia bisa terjadi hanyalah dengan sebuah gejala terhadap penyakit yang sungguh lebih serius.

Tidur sangatlah penting bagi kesehatan mental juga fisik. Maka sebab itu mulai dari sekarang janganlah kalian menyepelekan tidur, karena bisa menimbulkan hal buruk yangn cukup serius bagi diri kalian sendiri. Sebab, kualitas tidur yang buruk juga dapat memengaruhi keseharian kita, termasuk juga hal produktivitas saat bekerja.

Kalian bisa melakukan beberapa tips diatas yang kami uraikan, dan juga bisa mempraktekkanya mulai dari sekarang. Agar bisa menjadikan tubuh diri kalian sehat,bugar,fit juga nyaman melakukan aktivitas apa saja, saat bekerja,di dalam rumah mauapun saat beraktivitas lainnya seperti di luar rumah. (*)

Komentar

News Feed