oleh

Susah Tidur, Berikut Tips Mengatasinya

SMJTimes.com – Tidur merupakan kebutuhan alamiah seorang manusia karena cukup baik untuk kesehatan tubuh, termasuk otak. Susah tidur merupakan kondisi yang sering kali umum terjadi.

Meski kerap dianggap sepele, susah tidur dapat disebabkan seseorang menjadi kurang bertenaga, mudah sekali lelah, dan cukup sulit untuk konsentrasi. Bahkan, dalam jangka panjang pun, kondisi ini cukup mudan memicu munculnya beragam masalah kesehatan, mulai dari menurunnya daya ingat.

Nah, ada beberapa cara mengatasi susah tidur yang dapat kalian lakukan agar tidur menjadi lebih nyenyak, nyaman dan berkualitas tentunya. Dengan begitu, kalian pun bisa lebih produktif dan lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

  1. Tidur dan bangun dengan waktu teratur setiap hari
Baca Juga :   Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Hamil

Tidak sedikit orang melakukan jam tidur nya yang terlewatkan saat hari kerja dan tidur berlebihan di akhir pekan. Padahal, kebiasaan tersebut dapat membuat jadwal tidur alami menjadi terganggu.

Oleh karena itu, diusahakan untuk selalu tidur dan bangun pada waktu yang teratur setiap hari. Karena hal ini dapat membuat tubuh agar terbiasa dengan waktu tidur yang cukup konsisten dan menjadikan mudah untuk tidur. Kalian bisa melakukan jadwal waktu tidur dengan sekitar  7-9 jam untuk  setiap harinya, agar aktivitas yang dilakukan cukup ber energi/semangat di pagi hari.

  1. Batasi waktu tidur siang

Tidur siang juga dapat dilakukan untuk membuat orang menjadi  lebih susah tidur dimalam hari. Sebagian orang mungkin merasa  bahwa tidur di siang hari juga dapat menyegarkan tubuh saat sehabis  lelah beraktivitas.

Baca Juga :   Lawan Covid-19, Dewan Pati Minta Masyarakat Berolahraga

Maka dari itu, jika kalian sedang kelelahan dan ingin tidur siang sebentar dengan hal untuk mrnambah energi . Disarankan untuk tidur hanya selama 10-20 menit an saja sebelum pada jam 3 sore.

  1. Hindari mengkonsumsi alkohol berlebih

Untuk mengatasi susah tidur, kalian perlu menghindari makanan maupun minuman yang dapat mengandung alkohol, terutama di saat malam hari. Seperti minuman yang dapat menganndung kafein, contohnya kopi,teh ataupun minuman bersoda juga berenergi.

Selain hal itu, kalian dapat menghindari konsumsi makanan yang ber porsi banyak/berat saat menjelang waktu tidur.

  1. Tidak merokok sebelum tidur

Agar kalian dapat memounyai tidur yang berkualitas, cara mengatasi nya dapat dilakukan dengan menghentikan kebiasaan merokok. Hal ini tidak tanpa alasan, perokok lebih sulit tidur, sering terbangun, dan sering mengalami gangguan pada saat tidur.

Baca Juga :   Picu Kebutaan, Berikut 5 Fakta Tentang Stroke Mata

Tak hanya mennghindari minuman maupun makanan yang beralkohol/berkafein. Karena kandungan Nikotin di dalam rokok dapat membuat kalian menjadi susah tidur.

  1. Hindari stres

Saat seseorang sedang mengalami stres, tubuhnya akan mendapatkan produksi lebih banyak hormon kortisol yang bisa mengganggu pola tidur sehat seseorang. Untuk meredakan stres, kalian dapat mencoba beberapa cara, seperti rutin melakukan yoga, meditasi, atau relaksasi sebelum tidur.

Komentar