oleh

Rajin Olahraga, Ini Tips Hilangkan Rasa Malas

SMJTimes.com – Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat, yang perlu dilakukan secara rutin. Namun, beberapa orang mungkin merasa malas melakukannya, meskipun tahu pentingnya olahraga bagi kesehatan.

Ada beberapa cara ampuh untuk mengatasi malas berolahraga adalah dengan menjadikannya sebagai kebiasaan. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk membangkitkan semangat berolahraga:

  1. Mulailah dengan Durasi yang Singkat

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah,Jangan langsung pilih olahraga yang berintensitas tinggi juga. Kamu bisa mulai dengan yang ringan, seperti jogging, jalan santai, atau bersepeda. Memaksakan diri langsung berolahraga berat, padahal belum pernah berolahraga sebelumnya hanya akan membuat tubuhmu sakit. Esoknya, mungkin saja kamu jadi merasa kapok. Jadi, cobalah mulai olahraga dengan durasi yang singkat, misalnya 7 menit saja setiap harinya.  Setelah beberapa hari melakukan olahraga dengan durasi 7 menit, dan kamu merasa sanggup jika durasi olahraga ditambah, maka kamu bisa menambahnya sedikit demi sedikit.

  1. Cari Alasan untuk Memotivasi Diri

Salah satu yang bikin seseorang jadi malas berolahraga adalah karena tidak punya motivasi. Jadi, pikirkanlah segala keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari berolahraga dan jadikan hal-hal tersebut sebagai motivasi diri. Misalnya, dengan berolahraga rasa nyeri di tubuh yang sering kamu alami bisa hilang, kamu pun juga bisa mengurangi berat badan dan memiliki tubuh yang lebih indah dengan berolahraga. Kalau kamu lagi merasa stres, olahraga bisa jadi solusi terbaik bagi kalian. Kamu bisa memikirkan manfaat dan keuntungan melakukan olahraga secara rutin. Selain itu jyga, jika kamu tengah setres dan badan terasa nyeri, olahraga bisa kamu jadikan pilihan. Kamu harus belajar untuk menghilangkan rasa malas untuk melakukan olahraga.

  1. Pilih Olahraga yang Disenangi
Baca Juga :   4 Manfaat Mengukus Makanan untuk Diet dan Kesehatan

Memilih olahraga yang kamu senangi merupakan tips agar tidak malas berolahraga selanjutnya yang bisa kamu coba terapkan. Sesuatu yang kamu senangi tentunya akan membuat kamu lebih semangat daripada menjalankan olahraga yang tidak kamu senangi. Kamu bisa mencoba tips satu ini dengan mengetahui minat dan bakat kamu terhadap jenis olahrag apa. Saat kamu sudah nyaman menjalankan olahraga yang kamu senangi, tentunya perlahan kamu akan rutin melakukan olahraga. Beberapa jenis olahraga menyenangkan yang bisa dipilih adalah zumba, atau olahraga permainan seperti basket dan sepakbola.

  1. Lakukan olahraga sefleksibel mungkin

Jangan terpaku dengan pikiran bahwa olahraga harus dilakukan di waktu pagi hari. Dikarenakan tidak ada aturan khusus mengenai waktu untuk berolahraga, kegiatan ini bisa dilakukan dengan bervariasi. Jika malas berolahraga di pagi hari sebelum berangkat kerja, kamu bisa berolahraga setelah pulang kerja atau di sela-sela waktu bekerja.Olahraga juga tidak selalu harus di tempat fitness, tapi kamu bisa berlari mengelilingi komplek perumahan, melakukan gerakan olahraga ringan di rumah, atau naik turun tangga saat berada di kantor.

  1. Bergabung dalam kelas olahraga

Kamu dapat bergabung ke dalam kelas olahraga yang di dalamnya terdapat banyak orang, seperti kelas senam, muay thai, work out, dan masih banyak lainnya. Dengan demikian, olahraga yang kamu lakukan akan terasa lebih menyenangkan. Dengan itu, kamu bisa kenalan dengan banyak teman-teman baru yang rajin berolahraga, sehingga kamu pun bisa ikut tertular semangat mereka. Mereka juga bisa mengingatkanmu untuk datang berolahraga secara rutin. Kamu juga bisa minta rekomendasi kelas olahraga terbaik dari teman-temanmu.

  1. Mengajak Teman
Baca Juga :   Sederet Makanan yang Harus Dijauhi Sebelum Olahraga

Jika kamu malas untuk berolahraga sendiri, tips agar tidak malas berolahraga satu ini bisa kamu coba terapkan. Ketika mengajak teman untuk berolahraga, bisa saja kamu lebih semangat karena saling menyemangati dan memotivasi. Saat kamu punya niat untuk olahraga, kamu bisa mengajak satu orang teman untuk menemani. Selain lebih seru, olahraga bareng teman juga bisa membuat olahraga menyenangkan. Banyak hal seru yang bisa kamu dapatkan ketika olahraga bareng teman, seperti saling membantu ketika melakukan gerakan sit-up, adu siapa yang bisa bertahan paling lama saat melakukan plank, dan lain sebagainya.

  1. Pasang target

Untuk memacu dirimu agar terus bersemangat berolahraga, kamu bisa memasang target per minggu yang mesti kamu capai. Misalnya, kalau kamu berhasil lari sejauh 1 kilometer minggu ini, tentukanlah target 2 kilometer untuk minggu berikutnya. Jika berhasil membakar 200 kalori dengan berlari di atas treadmill minggu ini, maka kamu harus berhasil membakar 350 kalori minggu depan. Dengan melakukan target, maka olahraga untuk kesehatan kamu tidak akan sia-sia.

  1. Temani dengan musik

Tips selanjutnya adalah dengan cara membiasakan olahraga untuk orang malas dengan menambahkan musik sebagai teman bergerak. Memutuskan untuk berlari atau jalan pagi kemudian Pasang headset dan mulai putar playlist lagu penyemangat hari kamu.Bahkan ketika terbawa suasana, kamu bisa saja tak sadar sudah menghabiskan lebih dari 15 menit bergerak di luar rumah. Tak harus musik, podcast favorit kamu juga bisa menemani saat berolahraga di luar.

  1. Fokus pada proses
Baca Juga :   6 Alasan Soda Tak Baik Bagi Kesehatan

Jika target berolahraga adalah menurunkan sekian kilogram atau target lainnya, terkadang ini justru membuat konsistensi kendur. Sebaliknya, fokuslah pada prosesnya seperti durasi atau frekuensi berolahraga dalam sepekan.Ini penting mengingat hasil akhir adalah hal yang relatif sulit dikendalikan. Sementara fokus pada langkah-langkah apa saja yang dilakukan akan memberikan pilihan metode konkret demi menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

  1. Olahraga ringan

Olahraga ringan tersebut bisa kamu lakukan selama 10 hingga 20 menit sehari. Hal ini untuk melatih tubuh kamu supaya terbiasa dalam berolahraga. Jika kamu memulainya dengan jenis olahraga atau latihan yang berat, maka kamu akan menjadi malas dan merasa lelah sebelum melakukannya. Olahraga juga tidak selalu harus di tempat fitness, tapi kamu bisa berlari mengelilingi komplek perumahan, melakukan gerakan olahraga ringan di rumah, atau kamu juga bisa naik turun tangga saat berada di kantor.

Berolahraga itu sangat penting agar kesehatan tubuhmu terjaga dan staminamu tetap kuat. Jadi, jangan pernah malas berolahraga ya. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen yang kamu butuhkan lewat fitur Apotik.

Komentar

News Feed