oleh

Banyak Makan Daging saat Iduladha, Berikut Cara Menjaga Kolesterol Tetap Normal

SMJTimes.com – Perayaan Iduladha identik dengan hari rara kurban. Di mana persediaan daging kambing maupun sapi melimpah ruah dihari itu. Tak heran, jika sajian daging bakal menghiasi meja maakan selama perayaan Iduladha.

Namun, sayangnya pada momen tersebut tak sedikit orang yang kalap melahap daging yang disajikan. Tak ayal, sejumlah orang mengalami kenaikan badan hingga kolesterol melonjak usai hari raya kurban.

Berikut ini tips menjaga kolesterol tinggi saat Iduladha.

  1. Pilih bagian daging dengan kandungan sedikit lemak

Pilih bagian daging yang mengandung sedikit lemak atau kamu dapat membuang lemak yang ada di daging kurban. Hindari juga mengonsumsi bagian jeroan, karena mengandung tinggi lemak dan kolesterol.

  1. Makan secukupnya

Perhatikan porsi atau jumlah daging yang dikonsumsi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi kalori atau tinggi lemak juga akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada pencernaan yang umum terjadi pada hari raya, seperti refluks dan dispepsia

  1. Konsumsi cukup serat dari buah dan sayuran

Buah dan sayuran adalah sumber serat yang memiliki manfaat positif untuk kadar kolesterol. Konsumsi diet tinggi serat dapat menurunkan kolesterol hingga 10%.

Baca Juga :   Warga Pati Dilarang Menyembelih Kurban di Masjid

Konsumsi serat, khususnya serat larut air, seperti psyllium, pektin, beta glucan, dn lainnya, akan mengikat kolesterol yang ada di pencernaan dan mengeluarkannya bersama dengan feses. Konsumsi serat juga dapat membantu mengontrol berat badan, karena serat memberikan rasa kenyang dan akan difermentasi oleh bakteri pencernaan, membentuk asam lemak rantai pendek yang dapat meningkatkan pembakaran lemak serta mengurangi penyimpanan lemak

  1. Mengolah daging dengan benar

Mengolah daging yang benar sangat penting untuk dilakukan. Pilihlah bagian daging yang bebas lemak terlebih dahulu sebelum dimasak. Untuk cara memasaknya bisa dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang menggunakan minyak zaitun.

  1. Hindari minuman yang manis dan dingin

Olahan daging merah saat Idul Adha biasanya mengandung banyak santan. Maka dari itu, kamu tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman yang mengandung gula, seperti softdrink. Karena minuman yang manis seperti softdrink memiliki dampak yang tidak baik untuk kadar gula dalam darah. Akan lebih baik jika kamu memperbanyak konsumsi air putih hangat. Tujuannya untuk menetralisir kandungan dalam makanan-makanan bersantan yang kamu santap. Konsumsi air putih hangat akan membantu proses pencernaan makanan berminyak dengan mudah.

Baca Juga :   Maret Nanti RSU Fastabiq Pati Akan Vasilitasi Vaksin Covid-19 untuk Masyarakat Umum

Komentar

News Feed