oleh

Menjelang Iduladha, Pedagang Hewan Kurban Sepi Pembeli

Pati, SMJTimes.com – H-8 menjelang hari raya Iduladha, harga hewan kurban di Pasar Wage, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati cenderung stabil. Bahkan para pedagang mengeluhkan sepinya pembeli.

Saat ini, harga sapi dan kerbau berkisar antara Rp17 juta hingga Rp45 juta per ekor, sedangkan untuk kambing berkisar antara Rp2,5 juta hingga Rp5juta.

Seorang pedagang sapi asal Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang Wawan mengeluhkan sepinya pembeli. Empat ekor sapi yang dibawanya baru satu yang terjual.

“Harga masih seperti dulu stabil. Hanya agak kesusahan ini, karena pembelinya berkurang. Sebabnya ekonomi lemahkan di saat pandemi seperti sekarang ini,” tuturnya.

Staf Pasar Hewan Wage Margorejo Kabupaten Pati, Busroin menjelaskan harga hewan ternak masih stabil, tidak ada kenaikkan yang signifikan, hanya saja dari sisi pembeli di saat ini turun hingga 40 persen.

Baca Juga :   Ekspor Impor Susah, Dewan: Sebab Langka Kontainer Kosong

Pedagang dan pembeli pun tidak bisa maksimal untuk tawar menawar karena di masa pandemi ini jam buka dibatasi hingga pukul 12.00 WIB.

“Pedagang hewan yang masuk untuk jualan di Pasar Wage ini menurun drastis meski Iduladha kurang beberapa hari lagi. Ini karena kondisi yang tidak stabil akibat pandemi corona. Terus ada beberapa pedagang besar yang kulakan dari luar kota itu meninggal dunia, serta adanya keragu-raguan dari pedagang untuk berjualan atau kulakan di situasi yang belum menentu ini,” terangnya.

Busroin belum bisa memastikan apakah nanti mendekati Iduladha semakin ramai atau kondisi masih seperti sekarang. Kondisi ini jauh berbeda dengan jelang Iduladha lalu, menyusul banyaknya permintaan daging ternak sapi dan kerbau dari daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).(*)

Baca Juga :   Program Asimilasi Rumah, 4 Napi Kembali Melakukan Tindak Pidana

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Harga Hewan Kurban di Pati Cenderung Stabil, Pembeli Turun 40 Persen”

Komentar

News Feed