oleh

Pastikan Hewan Kurban Aman, Puskeswan Bakal Lakukan Pemeriksaan

Pati, SMJTimes.com – Menjelang Hari Raya Iduladha yang akan tiba pada 20 Juli 2021, Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban sehari sebelum hari raya.

Nantinya, Puskeswan bersama Petugas Seksi Kesehatan Hewan (Sie Keswan) Dispertan Kabupaten Pati akan melakukan pemeriksaan hewan kurban mulai usia hewan, kondisi suhu hewan, dan kondisi kelenjar hewan kurban.

“Kami bersama-sama akan melakukan pemeriksaan hewan kurban. Mulai dari umurnya, cacat atau tidaknya, dan sehat atau tidaknya,” ungkap Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskeswan, Dispertan Kabupaten Pati, drH. Nur Cahyo, Rabu (7/7/2021).

Langkah tersebut dilakukan agar dapat memastikan kelayakan hewan untuk bisa disembelih.

Baca Juga :   Perda RTRW Diharapkan Bisa Menyasar Semua Lapisan Masyarakat

“Pada H-1, kami berkeliling untuk memastikan kondisi kelayakan hewan kurban,” imbuhnya saat diwawancarai.

Program tersebut dilakukan dengan berkeliling ke wilayah Kabupaten Pati. Akan memeriksa ke tempat penampungan hewan kurban yang telah ditentukan oleh masing-masing panitia masjid.

Diketahui, terdapat 8 (delapan) lokasi penampungan hewan kurban yang berjumlah banyak di Kabupaten Pati. Pihaknya akan memulai start dari pagi dari mulai ke tempat penampungan.

Ia menambahkan, jika pemeriksaan yang di-handle oleh Puskeswan Dispertan Pati hanya pada penampungan yang berjumlah banyak saja, sedangkan penampungan dengan jumlah sedikit akan ditangani secara langsung oleh Mantri Hewan masing-masing wilayah binaan.

“Kami akan mulai dari Masjid Baitunnur dulu sebagaimana masjid terbesar di Kabupaten Pati, lalu dilanjutkan ke masjid-masjid lain sesuai jadwal,” ujar dr. H. Nur Cahyo.

Baca Juga :   Harga Anjlok, Petani Ubi Kayu Banting Setir

Apabila ditemukan hewan kurban dengan kondisi yang tidak sehat, maka Puskeswan akan berkoordinasi dengan panitia masjid supaya menukar dengan hewan lain, yang tentunya lebih sehat dan normal. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Puskeswan Akan Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban H-1 Iduladha”

Komentar

News Feed