oleh

Beberapa Kebiasaan Ini Sebabkan Penyakit Ginjal

SMJTimes.com – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh terpenting manusia. Organ berbentuk bak kacang ini membantu tubuh membuang limbah dalam bentuk urine.

Tak hanya itu, ginjal juga memiliki peran penting lainnya. Ginjal juga memiliki peran membantu penyaringan darah sebelum mengirimnya kembali ke jantung, menjaga kesimbangan cairan tubuh, hingg menyaring bahan limbah dari makanan, obat-obatan, dan zat beracun.

Tanpa kita sedari kebiasan-kebiasaan kecil yang dilakukan bisa memicu kerusakan ginjal. Berikut ini gaya hidup tak sehat yang bisa picu kerusakan ginjal.

  1. Kurang Minum

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat membantu ginjal membersihkan natrium dan racun dari tubuh. Minum air yang banyak menjadi salah satu cara terbaik untuk menghindari batu ginjal.

Sejumlah orang dengan masalah ginjal terkadang memang perly membantasi asupan cairan. Maski demikian, kebnayakan orang dianjurkan untuk minum 1,5 hingga 2 liter sebagi target yang menyehatkan.

  1. Kurang tidur

Tidur cukup di malam hari sangat penting bagi kesehatan tubuh. Hal ini juga berperan dalam menjaga kesehatan ginjal.

Baca Juga :   Hindari 5 Kebisaan Ini, Bisa Picu Diabetes

Fungsi ginjal diatur oleh siklus ntidur dan bangun yang membantu mengkoordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam.

Oleh karenanya, tidur cukup sangat diperlukan tubuh untuk memelihara keseahtan ginjal.

  1. Sering menahan buang air kecil

Menahan buang air kecil membuat kandungan kemih terlalu penuh dan meregang sehingga menambah ukurannya.

Kapasitasnya pun menjadi berlebih dan tubuh jadi tidak peka ketika kandung kemih sudah penuh. Kandung kemih menjadi tidak terlalu “menekan” sehingga tidak bisa kosong sepenuhnya. Ketika itu terjadi, kita menjadi lebih rentan terkena infeksi saluran kemih (ISK).

Jika sudah terkena ISK, menahan buang air kecil dapat meningkatkan kemungkinan bakteri tersebut masuk ke ginjal dan menyebabkan infeksi ginjal total yang dapat disertai demam, gemetar, dan panas dingin.

  1. Makan daging terlalu banyak

Protein hewani menghasilkan asam dalam jumlah tinggi dalam darah yang dapat berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan asidosis. Asidosis adalah suatu kondisi di mana ginjal tidak dapat menghilangkan asam dengan cukup cepat. Protein memang dibutuhkan untuk sejumlah fungsi seperti pertumbuhan, pemeliharaan dan perbaikan semua sel-sel tubuh. Tapi, kita perlu menyeimbangkan pola makan kita, termasuk memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran.

  1. Konsumsi terlalu banyak gula

Konsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan obesitas yang pada akhirnya juga mmeningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi dan diabetes. Ini adalah dua penyebab utama penyakit ginjal.

Baca Juga :   Perlukah Mengganti Air Rebusan Mi Instan?

Gula tidak hanya ada di menu makanan penutup atau minuman saja, tetapi bisa ada di beberapa jenis makanan dan “tersembunyi”.

  1. Terlalu banyak duduk

Para peneliti memang belum mengetahu alasan atau dampak secara langsung pola hidup tidak aktif terhadap kesehatan ginjal.

Namun, aktivitas fisik yang lebih tinggi telah terbukti berkaitan dengan tekanan darah dan metabolisme glukosa yang lebih baik. Keduanya merupakan faktor kesehatan ginjal.

  1. Terlalu banyak konsumsi garam

Sering konsumsi makanan tinggi natrium dapat meningkatkan tekanan darah dan pada akhirnya dapat memengaruhi fungsi ginjal.

Terlalu banyak konsumsi garam memiliki efek jaringan langsung pada ginjal, yang dapat menyebabkan hipertrofi dan fibrosis. Terlalu banyak konsumsi garam juga dapat menyebabkan batu ginjal.

Baca Juga :   6 Cara Obati Sembelit, Praktis Tanpa Obat

Komentar

News Feed