oleh

4 Manfaat Hati Ayam, Rendah Kalori Cocok Untuk Diet

SMJTimes.com – Hati ayam merupakan jeroan yang seringkali dianggap makanan yang tak sehat untuk kesehatan tubuh. Padahal jeroan ini dapat diolah menjadi berbagai macam masakan yang menggairahkan.

Jika dimasak dengan tepat, hati ayam dapat bermanfaat bagi tubuh. Mengandung rendah kalori, hati ayam juga mengandung nutrisi yang cukup tinggi.

Bahan makanan ini juga mengandung sederet mineral dan vitamin penting, di antaranya:

  • Zat besi
  • Folat
  • Vitamin B12
  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Vitamin E
  • Tembaga
  • Selenium
  • Kolin
  • Niasin
  • Riboflavin

Manfaat hati ayam

  1. Menjaga berat badan

Menjadi sumber protein, hati ayam cocok untuk dikonsumsi para pelaku diet sehat seimbang.

Bahan makanan ini rendah kalori dan mengenyangkan. Saat direbus, rata-rata seporsi hati ayam hanya mengandung 73 kalori.

Baca Juga :   4 Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Jika ingin mengontrol berat badan dan menjaga kesehatan, hindari hati ayam goreng. Seporsi hati ayam goreng memiliki 180 kalori. Selain itu, makanan ini saat digoreng jadi lebih tinggi natrium dan lemak, sehingga hati ayam jadi tidak sehat.

  1. Mencegah anemia

Manfaat hati ayam yang sayang dilewatkan lainnya yakni menjaga kesehatan darah, terutama mencegah anemia.

Sel darah merah tubuh membutuhkan zat besi dan vitamin B12 untuk mengangkut oksigen. Tanpa zat besi dan vitamin yang cukup, tubuh bisa mengalami anemia. Dengan kandungan zat besi dan vitamin B12, hati ayam bisa membantu mencegah masalah kesehatan ini.

  1. Menunjang kesehatan jantung dan pembuluh darah

Hati ayam mengandung selenium dan mineral. Kedua zat gizi ini penting untuk mencegah dan mengelola kesehatan pembuluh darah.

Baca Juga :   7 Manfaat Air Rebusan Serai, Atasi Kembung hingga Diare

Hati ayam mengandung selenium dan mineral. Kedua zat gizi ini penting untuk mencegah dan mengelola kesehatan pembuluh darah.

  1. Menjaga kesehatan mata, ginjal, dan otak

Hati ayam juga dikenal sebagai makanan super untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam makanan ini dapat melindungi kesehatan mata, memperkuat sistem daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan organ ginjal.

Sedangkan kandungan vitamin B2 atau riboflavin, membantu tubuh Anda membuat energi dari makanan dan menjaga sel tetap kuat.

Selain itu, kandungan vitamin B12 dalam hati ayam juga membantu kinerja otak agar performanya lebih baik.

Kendati potensi manfaat hati ayam untuk kesehatan cukup menjanjikan, bahan makanan ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Melansir Guardian, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi hati ayam secara berlebihan.

Baca Juga :   8 Makanan Baik Dikonsumsi Penderita Anemia

Bila perlu, ibu hamil yang akan makan hati ayam berkonsultasi dulu dengan dokter yang menangani untuk menentukan batasan porsi yang paling tepat.

Komentar

News Feed