oleh

6 Alasan Soda Tak Baik Bagi Kesehatan

Mitrapost.com – Tak sedikit orang yang gemar minum minuman bersoda. Meski memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, soda tak baik untuk dikonsumsi.

Pasalnya, orang yang meminum soda cenderung tak memperoleh vitamin A, Kalsium, dan magnesium jika dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi minuman lain seperti susu maupun jus buah.

Terlebih, soda mengandung asam folat yang dapat menguras kalsium dan magnesium, dua nutrisi yang bisa menjaga kekebalan tubuh.

Berikut ini alasan mengapa sebaiknya tak mengonsumsi minuman bersoda.

  1. Berisiko tinggi picu diabetes tipe 2

Umumnya, minuman besoda mengandung sirup jagung fruktosa tinggi yang dapat menyebabkan produksi radikal bebas. Seperti kerusakan jaringan, perkembangan diabetes tipe 2, dan komplikasi diabetes.

  1. Mengandung tinggi gula

Sekaleng soda bisa mengandung 10 sendok teh gula tambahan. Mengonsumsi banyak gula dapat memicu kenaikan gula darah hingga menimbulkan produksi lebih banyak insulin untuk memprosesnya.

Baca Juga :   Hindari Kebiasaan Berikut, 5 Penyebab Jerawat di Wajah

Mengonsumsi minuman bersoda secara rutin bisa meningkatkan risiko diabetes, resistensi insulin, dan masalah kesehatan lainnya yang lebih tinggi.

  1. Mengandung asam fosfat

Asam fosfat dapat menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium secara alami. Dampak negatif yang ditimbulkan dapat memicu pelunakan tulang, osteoporosis, dan juga gigi berlubang.

Tak hanya itu, minuman bersoda juga bisa mengganggu asam lambung, serta menghalangi penyerapan nutrisi dan memperlambat pencernaan.

  1. Mengandung kafein yang picu dehidrasi

Minuman bersoda dapat memicu dehidrasi tubuh karena mengandung kafein yang tinggi.

Beberapa orang yang minum soda usai makan sehingga lupa untuk minum air, alhasil tak mendapatkan asupan air harian yang diperlukan oleh tubuh.

  1. Soda diet mengandung pemanis buatan

Meski bebas kalori, soda diet justru mengandung pemanis buatan. Meskipun menggunakan pemanis rendah kalori yang disetujui untuk digunakan dalam makanan dan dianggap aman, namun jangan berlebihan mengonsumsinya.

Baca Juga :   Kebiasaan Buruk yang Dapat Mengganggu Kesehatan

Sebuah ulasan tahun 2017 di Canadian Medical Association Journal mengungkap bahwa penggunaan pemanis buatan tidak ada kaitannya dengan penurunan berat badan.  Justru ini dapat dikaitkan dengan obesitas, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular, meskipun temuan tersebut belum dikonfirmasi. Namun, tetap saja, kita perlu membatasi konsumsi soda diet agar tidak berlebihan.

  1. Tak mengandung nutrisi

Soda tidak memiliki nilai gizi. Tak hanya itu saja, tidak ada efek sehat dari minum soda, meski rasanya enak.

Komentar

News Feed